Kembali ke Sistem Manual, PPDB SMA/SMK Terkendala Jaringan Internet

Deddy membenarkan, gangguan website PPDB online. Sehingga sempat tidak bisa diakses saat hari pertama pendaftaran penerimaan siswa jalur non akademik pada 6 Juni 2017 lalu. ”Daripada kita tambah waktunya dengan tambah hari, mending tambah jam setiap hari. Kalau diundur waktunya, harinya, semuanya akan bergeser ke belakang,” kata dia lagi.

Menurut Deddy, salah satu penyebab situs pendaftaran macet itu karena tingginya pengakses, dan pendaftar memasukkan dokumen yang tidak diperlukan. ”Jadi yang di-upload itu yang diminta saja, jangan yang enggak diminta di-upload juga,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi mengatakan, sistem pendaftaran dalam PPDB saat ini masih setengah online. Sebagian berkas misalnya masih diserahkan langsung pada calon sekolah yang dituju saat verifikasi. ”Yang di-upload masyarakat terlalu berlebih. Kita hanya minta 3 saja, yaitu Kartu Keluarga, Surat Kelulusan, dan Surat Pernyataan yang bersangkutan untuk daftar,” urainya.

Hadadi mengatakan, berkas lain seperti sertifikat, prestasi, dan dokumen pendukung lainnya bisa ditunjukkan saat verifikasi. Jika tidak yakin dengan PPDB online itu, dia menyarankan langsung datang ke sekolah. ”Masyarakat gak usah panik, kalau ada kesulitan dengan aplikasi online, langsung ke sekolah yang dituju. Di sana ada paniita yang akan membantu, termasuk menginput data,” tandasnya. (rus/bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan