DPU Kota Bandung Jernihkan Sungai

ANTAPANI – Dinas Peker­jaan Umum (DPU) Kota Bandung berencana akan membangun aliran air jer­nih di wilayah RW 01 Ke­lurahan Antapani Tengah, Kecamatan Antapani kota Bandung. Pembangunan tersebut dengan meman­faatkan aliran sungai di lokasi sungai Ciparumpung. Pembangunan tersebut rencananya akan mulai dilaksanakan awal Juni 2017.

Sekretaris DPU Kota Bandung, Agoes Sjafrudin mengatakan, penjernihan air tersebut akan meng­gunakan sistem biologis, yaitu dengan tanaman ve­tifer. Dalam hal ini pula pihaknya akan menyediakan dua kolam berukurun 1,5×1 meter. Nantinya, air dari sungai tersebut akan dise­dot dan ditampung di kolam lalu akan dijernihkan dengan pompa. Hasilnya akan disalurkan ke MCK yang ada di sekitar lokasi.

”Ini tentu untuk me­menuhi kebutuhan masy­arakat di lokasi tersebut. Sehingga kebutuhan air bersih di wilayah Anta­pani Tengah khususnya bisa terpenuhi,’’ kata Ago­es kepada wartawan dilo­kasi peninjauan lokasi sarana air bersih Antapani Tengah, Selasa (30/05) ke­marin.

Agoes menjelaskan, me­skipun air tersebut sudah dibersihkan melalui penya­ringan, tapi air itu tidak bisa digunakan untuk minum dan mandi. Hanya untuk memenuhi kebutuhan di MCK dan mencuci ken­daraan. Sebab, meskipun bersih dan jernih pihaknya belum bisa menjamin kalau air itu layak konsumsi.

”Tidak bisa dipakai untuk memasak ataupun minum. Ini hanya untuk keperluan mencuci perabotan dan barang lain milik masyarakat saja,’’ jelas Agoes.

Lebih lanjut agoes menam­bahkan, program ini juga dilaksankan sebagai bagian dari program pemerintah terkait sanitasi berbasis ma­syarakat guna menyetop bu­ang air sembarangan. Dengan digulirkannya program ini diharapkan, kebiasaan ma­syarakat membuang air di­kali bisa terhenti, sebab apa­bila air sungai sudah bersih diharapkan masyarakat bisa menikmati air jernih.

”Kedepan setelah lokasi iini kami juga akan mem­buat program seperti ini di wilayah Kelurahan Cijagra,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ila Sartika (57) warga Antapani Tengah mengaku, dirinya menyambut baik rencana pemerintah yang akan menjadikan air sungai Ciparumpung menjadi jernih. Tentu saja apabila air sungai tersebut menjadi jernih air tersebut akan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan