The Promise Mengiringi Pemakaman Chris Cornell

MIRIP konser mini rock sy­ahdu dengan deretan bintang sebagai penontonnya. Begitulah gambaran suasana pemakaman Chris Cornell di Fairbanks Lawn, Hollywood Forever Cemetery, Los Angeles, Jumat sore waktu setempat (26/5).

Upacara untuk mengantar­kan vokalis grup Soundgarden dan Audioslave itu ke peris­tirahatan terakhir dibuka dengan lagu The Promise.

Lagu tersebut merupakan ciptaan terbaru pria yang me­ninggal dengan cara gantung diri pada 18 Mei lalu dalam usia 52 tahun tersebut. Bebe­rapa teman membacakan eulogi alias pidato penghorma­tan untuk mendiang. ”Chris sama melodisnya seperti The Beatles, sama ngerock-nya seperti (Black) Sabbath, dan sangat menghantui seperti Edgar Allan Poe,” kata Tom Morello, partner Cornell dalam mendirikan Audioslave.

Mereka yang mengenal Cor­nell mengungkapkan betapa sayangnya penyanyi theme song film James Bond: Casino Royale, You Know My Name, itu kepada anak-anaknya. Matt Cameron, drumer Pearl Jam dan Soundgarden, menutur­kan bahwa Cornell sering kali membicarakan kehidu­pannya sebagai seorang ayah. ”Perasaanku kehilangan sau­dara dan belahan jiwa yang artistik tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan tiga anakmu yang kehilangan ayahnya. Semoga kamu tahu bahwa aku di sini untukmu dan akan selamanya di hidup­mu,” kata Cameron.

Cornell adalah musisi besar. Tamu-tamu yang datang menunjukkan hal itu. Sebagian dari mereka pernah bekerja sama dengannya. Termasuk dua personel Linkin Park, Chester Bennington dan Brad Del­son. Mengenakan jas dan kemeja serbahitam, Bennington dan Delson memberikan penghormatan terakhir dengan cara membawakan lagu Hallelujah milik Leonard Cohen secara akustik. Lengkingan suara Bennington dan cabikan gitar Delson berpadu dengan kesedihan mereka yang datang. Begitu menyayat.

Selain Linkin Park, musisi yang terlihat adalah James Hetfield dan Lars Ulrich dari Metallica, personel Foo Fighters Dave Grohl, serta Perry Farrell dan Dave Navarro yang merupakan ang­gota Jane’s Addiction. Ada juga musisi Inggris Billy Idol, Court­ney Love, vokalis Bush Gavin Rossdale, dan gitaris Alice in Chains Jerry Cantrell. Penyanyi Pharrell Williams juga hadir bersama istrinya, Helen La­sichanh, dan putranya, Rocket.

Tinggalkan Balasan