Duel Sengit dengan Vettel, Hamilton Menangi Balapan GP Spanyol

Dari sembilan detik, jarak Hamilton-Vettel kini hanya berjarak empat detik. Tapi melalui manuver overtake berani menjelang tikungan pertama, Vettel akhirnya berhasil lolos dari jebakan Bottas dan kembali mengklaim posisi terdepan. Juara dunia F1 empat kali itu melempar kecohan ke sisi luar sebelum masuk ke sisi dalam dan menyalip mobil Bottas, benar-benar manuver yang cantik.

Setelah kembali melaju tanpa hambatan, Vettel mampu memperbesar jaraknya menjadi enam detik dari Hamilton yang telah menyalip Bottas untuk naik ke posisi kedua.

Tepat paruh tengah balapan, Massa kembali terlibat insiden senggolan. Kali ini pembalap Williams tersebut melakukan kontak dengan mobil McLaren MCL32 yang dikemudikan Stoffel Vandoorne. Karena kerusakan suspensi, Vandoorne memberhentikan mobilnya di jebakan kerikil tikungan pertama. Periode Virtual Safety Car (VSC) juga diberlakukan.

Periode VSC berakhir pada putaran ke-37, dan di saat yang bersamaan Hamilton melakukan pit stop untuk berganti ke kompon soft. Sementara Vettel yang masuk ke pit satu lap berikutnya muncul kembali ke trek bersampingan dengan Hamilton.

Kedua pesaing titel juara dunia itu sempat melakukan kontak di tikungan pertama tapi Vettel, yang kini memakai kompon medium, mampu mengungguli pembalap Inggris Raya tersebut.

Hamilton mengungkapkan kefrustrasiannya melalui radio tim karena menilai Vettel sengaja mendorongnya keluar.

Sementara mobil Mercedes berkurang satu setelah Bottas tersingkir dari balapan akibat masalah mekanis. Api dan asap sempat menyembur keluar dari mobil Mercedes W08 yang dikemudikan pembalap Finlandia tersebut.

Pada putaran ke-44, Hamilton membalas Vettel dan mengambil alih posisi pimpinan balapan, memanfaatkan zona DRS di lurusan start-finis. “Tidak ada harapan,” lapor Vettel kepada Ferrari soal defisit kecepatan antara mobilnya dengan mobil Mercedes.

Di persaingan papan tengah, pembalap Sauber – yang memakai mesin spek-2016, Pascal Wehrlein, tampil melebihi ekspektasi dan berada di sepuluh besar.

Menjelang 10 putaran terakhir, Mercedes memberikan informasi kepada Hamiton: “Kamu tampil bagus Hamilton, terus perbesar jarak. Kami pikir Vettel mungkin akan mencoba strategi tiga pit stop, jadi kita butuh jarak yang aman,” ujar Bonnington.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan