Stadion Patriot Bekasi Dijadikan Rebutan

jabarekspres.com, JAKARTA – Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017 akan segera bergulir. Namun, ada beberapa klub yang harus merasakan menjadi tim musafir, ‘terusir’ dari kota asalnya.

Kasus paling menarik melibatkan Stadion Patriot yang terletak di Bekasi. Setidaknya ada empat klub yang juga mau bermarkas di sana yakni Bhayangkara FC, dan dua tim Liga Nusantara: Patriot Candrabhaga FC serta Persipasi Bekasi.

Masih belum jelas siapa di antara Persija atau Bhayangara FC yang akan bermarkas di sana karena Kadispora Kota Bekasi menolak dua klub Liga 1 menggunakan stadion tersebut.

Setelah sempat berpindah-pindah home base, Persija Jakarta akhirnya mendapatkan markas baru yang tidak terlalu jauh dari ibu kota. ‘Macan Kemayoran’ akan berkandang di Stadion Patriot, Bekasi.

Dua musim lalu, Persija juga merasakan menjadi tim ‘musafir’ lantaran Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sedang direnovasi. Alhasil, mereka pindah ke Stadion Manahan Solo.

Berpindahnya dari Solo ke Bekasi tentunya memberikan dampak negatif bagi Persija. Mereka tidak mendapatkan dukungan langsung dari para suporternya, The Jakmania, yang berimbas kepada pemasukan uang dari penjualan tiket pertandingan.

“Alasannya pilih Stadion Patriot karena memang jaraknya dekat dengan Jakarta,” ujar Direktur Persija Jakarta, Gede Widiade.

Namun begitu, ada masalah harus dihadapi oleh Persija. Sebabnya, Persija harus memperebutkan Stadion Patriot dengan tiga klub lainnya, Bhayangkara FC, dan dua tim Liga Nusantara: Patriot Candrabhaga FC serta, Persipasi Bekasi.

Kabar terakhir menyebutkan Kadispora Kota Bekasi tidak memberikan izin untuk kedua klub Liga 1 tersebut secara bersamaan menggunakan Stadion Patriot Bekasi. Alasannya, mereka akan memakai stadion itu selama satu musim.

Lalu ada juga Persiba Balikpapan yang terpaksa pindah ke Pulau Jawa. Klub tersebut akan bermarkas di Stadion Gajayana, Malang.

Menjadi tim ‘musafir’ kedua di Liga 1. Mereka harus ‘angkat kaki’ dari Balikpapan lantaran home base Stadion Batakan sedang direnovasi.

Untuk sementara waktu, Persiba memilih berkandang ke Stadion Gajayana, Malang. Tempat yang sangat jauh dari pulau Kalimantan.

Persiba memiliki pertimbangan dalam menentukan Stadion Gajayana sebagai markas mereka. Efisiensi dalam pembiayaan terutama di saat laga away menjadi salah satu alasannya. Sebab, di Jawa Timur setidaknya ada empat tim yang tampil di Liga 1, yaitu Arema FC, Madura United, Persela Lamongan dan Persegres Gresik United.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan