Cetak Rekor Pole, Marquez Start Terdepan di MotoGP Argentina

jabarekspres.com – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil meraih pole position di MotoGP Argentina setelah berhasil menjadi yang tercepat di kualifikasi kedua (Q2) yang digelar Minggu (9/4) dini hari WIB. Berdasar itu, Marquez akan start dari posisi pertama dalam balapan yang digelar Senin (10/4) dini hari WIB.

Marquez mencatat waktu tercepat 1 menit 47,512 detik. Ini merupakan pole position keempat bagi Marquez di MotoGP Argentina. Dua sebelumnya berhasil keluar sebagai pemenang yakni pada 2014 dan 2016.

Tak hanya itu, Marquez juga mencetak rekor pole position terbanyak sepanjang karier di Grand Prix. Ia kini mengoleksi rekor pole ke-66, mengungguli Jorge Lorenzo (65) dan Valentino Rossi (64).

Jalannya Kualifikasi

Sesi kualifikasi berlangsung dalam kondisi trek basah. Loris Baz membuka sesi dengan langsung menempati posisi pertama, tapi lalu diambil alih Dani Pedrosa. Pada saat ini, Marquez di posisi ke-11 dan Abraham berada di posisi keempat.

Pada sembilan menit tersisa, Marquez naik ke posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 48,571 detik. Hingga memasuki pertengahan sesi, Marquez masih memimpin jalannya kualifikasi.

Memasuki dua menit tersisa, Marquez mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 47,512 detik. Catatan waktunya ini rupanya sudah cukup mengamankan posisinya sebagai polesitter untuk balapan MotoGP Argentina pada Minggu (9/4).

Tak hanya menjadi satu-satunya pembalap yang mencetak catatan waktu di bawah 1 menit 48 detik, Marquez juga mencetak rekor pole position terbanyak sepanjang karier di Grand Prix. Ia kini mengoleksi rekor pole ke-66, mengungguli Jorge Lorenzo (65) dan Valentino Rossi (64).

“Saya merasa sangat baik dalam kondisi basah. Kepercayaan diri itu ada di sana, walau saya juga merasa (trek) sedikit licin,” ucapnya usai kualifikasi.

“Kondisi di Q2 adalah kondisi yang sempurna untuk gaya saya, dengan setengah kering dan setengah basah. Tapi besok akan kering, jadi kami harus mencari cara untuk bertarung demi podium.”

Kejutan dibuat oleh pembalap Aspar Team, Karel Abraham. Ia mampu meningkatkan catatan waktunya menjadi 1 menit 48,275 detik untuk merebut posisi start kedua, tepat saat kualifikasi menyisakan dua menit terakhir. Raihan apik yang patut diapresiasi, mengingat ia juga tampil solid sepanjang sesi.Posisi start ketiga ditempati pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, di depan Danilo Petrucci dan Pedrosa. Adapun, pemuncak klasemen sementara Maverick Vinales akan start dari posisi keenam. Ia terpaut 1,706 detik dari Marquez.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan