Karang Taruna Harus Jadi Agen Perubahan

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Keberadaan karang taruna harus berperan membantu mewujudkan pembangunan daerah sebab karang taruna bisa disebut sebagai agen perubahan sosial.

Bupati Bandung Barat Abubakar mengatakan, Karang Taruna harus bisa menjadi “mata telinga” dalam menyelesaikan segala persoalan di tengah masyarakat.

“Jadi peran karang taruna itu sebetulnya penting sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah sebagai kontrol sosial didaerah,”jelas Abubakar kemarin (2/4)

Dirinya mengakui, selain keberadaan perwakilan pemerintah seperti Kecamatan dan Desa Karang Taruna berperan dalam mengentaskan beragam persoalan ditengah masyarakat.

Abubakar mencontohkan, bila ada keluarga kategori miskin yang belum tersentuh bantuan pemerintah karang taruna yang berada didesa harus segera melaporkan dan dikoordinasikan dengan Pemkab sehingga masalah ini cepat terselesaikan.

Selain itu, Karang taruna harus dapat meningkatkan kualitas SDM disetiap individunya. Sebab sebagai tenaga relawan, pejuang kemanusiaan dituntut sebagai penggerak dan memberikan contoh bagi masyarakat.

“Karang taruna itu biasanya terdiri dari generasi muda, maka dalam meningkatkan kapasitasnya pemuda juga di tuntut kreatif dalam berfikir dan bertindak,”kata dia

Abubakar menuturkan, untuk menunjang semua itu, pihaknya akan mencoba membantu mengalokasikan anggaran untuk pembinaan Karang Taruna. Tetapi, untuk kewenangannya diserahkan kepada pemerintah desa masing-masing.

Dalam kesempatan acara tersebut, Forum Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat memberikan penghargaan kepada Elin Suharliah Abubakar berupa Aditya Karya Mahatwa Yodha Award sebagai tokoh senior yang peduli terhadap masalah sosial.

Salah satu aksi Elin yang mendapat apresiasi saat turut mendukung dan membantu pemisahan bayi kembar siam Wanda dan Wandi yang lahir  21 September 2010. Hingga akhirnya berhasil dipisahkan oleh tim dokter dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung beserta tim dokter RS Soetomo Surabaya dan keduanya pun kini hidup sehat.

Abubakar pun berjanji untuk pendidikan Wanda dan Wandi yang kini tengah duduk di bangku sekolah dasar tersebut akan dijamin oleh Pemkab Bandung Barat.

“Pemkab akan jamin pendidikan Wanda dan Wandi dan tugas karang taruna yang mengawasinya serta mengingatkan kepada Pemkab,” paparnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya menambahkan, untuk memberikan dorongan kreativitas anak-anak muda melalui karang taruna di setiap desa, pihaknya mengimbau kepada pemerintah desa untuk mengalokasikan anggaran yang disesuaikan dengan kemampuan di masing-masing desa. “Pemdes wajib mendorong pembentukan karang taruna disertai dengan mengalokasikan anggaran,” pungkasnya. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan