Barka Ingin Emil Maju Pilgub lewat Jalur Independen

jabarekspres.com, BANDUNG – Langkah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil maju di pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2018 semakin terbuka. Dukungan berbagai golongan terus mengalir. Tidak hanya dari partai politik.

Nasdem yang lebih dulu mendeklarasikan dukungan, disusul sekumpulan masyarakat yang menamakan diri Baraya Ridwan Kamil (Barka) siap mengantarkan orang nomor satu di Kota Bandung menuju provinsi. Namun, organisasi ini menginginkan Ridwan Kamil maju melalui jalur independen.

Presiden Barka Budi Irawan Zabur mengatakan, untuk mengantar Emil -sapaan Ridwan Kamil- dibutuhkan 2,5 juta KTP. Dirinya pun menegaskan siap mengumpulkan KTP demi mengusung Emil di pilkada serentak mendatang.

Dia menyebut, komunitas ini terbentuk karena mendambakan pemimpin yang mau berbuat bagi rakyat yang cerdas, visioner, dan inovatif.

Segala persyaratan tersebut, dinilainya ada di sosok seorang Emil. Dia mengungkapkan, alasan mendukung Emil melalui jalur independen karena merupakan murni dari rakyat langsung Dia menyatakan siap membantu Emil mengumpulkan 2,5 juta KTP warga Jabar sebagai syarat untuk maju menjadi calon gubernur independen.

Waktu yang singkat, menurut dia, tidak menyurutkan relawan untuk bersemangat membantu Ridwan Kamil mengumpulkan KTP.

”Supaya cepat untuk mengumpulkan KTP, kita akan tugaskan relawan Barka di 27 kabupaten/kota untuk mengumpulkan KTP,” ujarnya.

Menurutnya, Barka terbentuk berasal dari relawan masyarakat yang berasal dari 27 kota dan kabupaten di Jabar. Komunitas ini juga berasal dari berbagai kumpulan dan latar belakang profesi seperti nelayan, petani, advokat dan pengusaha.

”Barka ini dimulai dari deklarasi relawan pendukung Ridwan Kamil dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Seperti dari wilayah Ciayumajakuning, Sukabumi, dan daerah lain. Kita terinspirasi dengan sepak terjang seorang Ridwan Kamil dalam memimpin Kota Bandung,” katanya kepada wartawan saat menggelar deklarasi Barka di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, kemarin (1/4). Budi mengungkapkan, sebelum melakukan deklarasi, pihaknya sudah terlebih dahulu meminta izin dan memaparkan rencana deklarasi. Bahkan kata Budi, pada pertemuan tersebut, Emil sangat mengapresiasi pembentukan Barka.

Menurutnya, Barka dibentuk dengan tujuan mendukung dan memenangkan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018 sebagai Gubernur Jabar 2018-2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan