Aher Minta Jabar Sambut Raja Salman

Pengusaha mobil mewah di Ciputat, Tangerang Selatan itu mengatakan mayoritas kendaraan high class yang dicari adalah keluaran baru, 2014 ke atas. Menurutnya, vendor yang meng-handle transportasi Raja Salman membutuhkan ratusan mobil mewah. ”Beberapa minggu terakhir (di kalangan pengusaha rental mobil mewah) sudah ramai soal itu (kedatangan Raja Salman, Red),” ungkapnya.

Meski disewa Raja Arab Saudi, Dimas mengaku tidak mematok harga tinggi untuk tarif sewa mobil. Biaya sewa Alphard, misalnya, tetap dipatok seperti hari biasa. Yakni, Rp 2,2 juta sehari. Sedangkan Mercy Rp 3,5 juta sehari. Tarif itu sudah termasuk upah driver. ”Ada beberapa yang lepas kunci (tanpa sopir), tergantung kebijakan pemilik rental,” ungkapnya.

Menurut Dimas, penyewa mobil mewah miliknya bukan langsung dari otoritas Arab Saudi. Melainkan dari pihak pemerintah, sejenis vendor. Vendor tersebut yang menghubungi pengusaha-pengusaha rental mobil mewah. ”Jadi bukan hanya mobil saya saja yang disewa, ada teman-teman (pengusaha rental) lain juga (mendapat order Raja Salman),” imbuhnya.

Mobil-mobil mewah dari jasa persewaan sejak kemarin diparkir di halaman Gelora Bung Karno, Senayan. Total, ada 200 mobil jenis Alphard dan Mercy yang siap menjemput rombongan jumbo tamu dari jazirah Arab tersebut. Satu persatu kendaraan yang diberi tanda nomor di kaca depan itu dicek oleh petugas. ”Ada sebagian (mobil mewah) yang belum datang,” ujar Agus, salah seorang driver.

Agus mengatakan, tidak ada ketentuan khusus bagi pengemudi mobil mewah yang terlibat dalam kunjungan besar Raja Salman. Panitia, kata dia, hanya meminta para driver mengenakan pakaian batik rapi dan berperilaku sopan. Mereka pun tidak diwajibkan mahir berbahasa Arab. ”Ketentuannya ya bisa nyopir saja. Nggak usah (pintar) bahasa Arab,” ujar pria asal Tangerang Selatan ini. (syn/yan/tyo/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan