Dinsos Jabar Turunkan Buffer Stock

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Untuk menanggulangi korban bencana Banjir di Bekasi Dinas Sosial (Dinsos) Jabar telah menyiapkan berbagai kebutuhan dan poenanganan untuk korban banjir.

Sekretaris Dinas Sosial Jawa Barat Ida Wahida Hidayati mengatakan, telah menerjunkan tim untuk menyalurkan buffer stock di delapan kecamatan pasca banjir.

”Seluruh kecamatan tersebut adalah Babelan, Pebayuran, Cabang Bungin, Muara Gembong, Tambun Utara, Cibitung, Cikarang Utara, dan Karang Raharja,” jelas Ida ketika dihubungi Jabar Ekspres, kemarin (21/2)

Menurutnya, bantuan yang telah dikirimkan berupa makanan, pakaian layak, popok bayi, dan pembalut wanita. Dan sudah disalurkan lebih dulu.

Dia menuturkan, kondisi saat ini masih pada tahap waspada. Pihaknya bersama tim gabungan telah melakukan pemantau keadaan. ”Selain itu kami juga berkoordinasi dengan lembaga kemanusiaan setempat untuk penyaluran bantuan,” ujar Ida.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Haryadi menyebutkan akibat banjir tersebut setidaknya sebanyak 2.449 rumah terendam dan kurang lebih 3.084 kepala keluarga terdampak.

Menurutnya, banjir disebabkan akibat luapan kali Lemahabang, Kali Ciherang dan Sungai Citarum yang mendapatkan guyuran hujan selama beberapa jam.

Selain itu, tim penanggulangan bencana sudah salurkan di berbagai titik untuk membantu mengevakuasi dan mendistribusikan bantuan. ”Rumah warga terendam air sampai ketinggian 90 centimeter. Korban jiwa akibat banjir nihil,”  tutur Haryadi. (yan/rie)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan