Emil Merasa Terhormat Dapat Penghargaan Honorary Police

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan memberikan penghargaan Honorary Police kepada sejumlah tokoh di Jabar. Dua di antaranya kepala daerah: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Pemberian tanda kehormatan tersebut berlangsung di lapangan upacara Mapolda Jabar, Jalan Sukarno Hatta, Kota Bandung, kemarin (17/2). Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi tercatat dua dari 16 tokoh dari berbagai kalangan yang dinilai berprestasi dan berkontribusi membantu kinerja kepolisian yang menerima piagam dan pin lencana Honorary Police Polda Jabar.

”Kita ingin membangun satu soliditas dan kemitraan kepada tokoh-tokoh yang sudah punya jasa serta prestasi membantu kepolisian dalam wujud keamanan dan ketertiban masyarakat,” papar Anton usai penganugerahan, kemarin.

Anton menjelaskan, penghargaan Honorary Police ini bertujuan membangun soliditas tokoh yang berbudaya, beragama dan nasionalis. Tiga karakter tersebut bisa melebur satu demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Kita sepakat, bisa berpikir global tapi kita harus bersikap lokal dan bertindak nasional dalam bingkai NKRI,”  tutur Anton.

Mantan Kadivhumas Mabes Polri itu mengatakan, mekanisme pemberian Honorary Police berdasarkan usulan yang kemudian dipilih melalui rapat tim khusus. Selain itu, sambung dia, Honorary Police ini bakal terus berlanjut yang disesuaikan dengan momen tertentu. ”Misal nanti Hari Guru,” ucapnya.

Anton berharap, para tokoh masyarakat yang memperoleh penghargaan tersebut dapat terus bersama-sama menjalin dan membangun soliditas dengan kepolisian serta menjadi contoh panutan bagi masyarakat. ”Satu perbuatan lebih penting daripada seribu kata-kata. Mereka ini figur-figur yang memberikan teladan,” tutur Anton.

Sementara itu, Wali Kota Ridwan Kamil mengapresiasi pemberian Honorary Police dari Polda Jabar. ”Saya baru tahu juga ada Honorarium Police artinya penghormatan dari keluarga kepolisian melalui Polda Jabar, agar figur-figur yang memang jadi tokoh di masyarakat ini agar lebih akrab dan bersinergi,” papar Ridwan, kemarin.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Kapolda Jabar berpesan kepada para tokoh masyarakat untuk senantiasa membela NKRI, Kebhinekaan, dan lainnya. Namun, persoalan tersebut tidak bisa diselesaikan sendiri oleh pihak kepolisian. ”Dengan bersinergi ini hubungan batin lebih kuat dan dekat,” katanya.

Tinggalkan Balasan