Pilwakot, Aparatur Sipil Negara Diminta Tetap Netral

bandungekspres.co.id, CIMAHI– Plt. Wali Kota Cimahi Sudiarto mengingatkan Aparat Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemkot Cimahi, agar tetap menjaga netralitas jangan sampai terlibat dalam politik praktis.  Sebab, kata dia jika hal itu dilakukan ASN tersebut dapat dikenakan hukuman disiplin.

Menurut Sudiarto, ASN harus menjaga independensi dan profesional dalam tugas.   ASN Kota Cimahi dalam pelaksanaan emilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi yang digelar pada 15 Februari, mendatang. Dia sangat berharap ASN dalam perannya untuk senantiasa menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban, minimal di lingkungan masing-masing.

”ASN harus selalu  menjalin komunikasi, kebersamaan, kekompakan persatuan dan kesatuan  diantara kita, agar selalu tercipta suasana persaudaraan yang utuh dan kuat dalam kehidupan  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dan sebagai seorang aparatur pemerintah,” kata Sudiarto, usai melantik Pejabat Esselon II, III, dan IV yang merupakan susulan pejabat yang berhalangan hadir pada 31 Desember 2016, di Aula Gedung A, Komp. Perkantoran Pemkot Cimahi, Jl. Rd. Demang Hardjakusumah, Jum’at (10/02).

Sudiarto menyampaikan mutasi dan rotasi, sesuai dengan peraturan perundangan PP nomor 100 tahun 2000 dalam penjelasan pasal 4 ayat 2 disebutkan : pelantikan pegawai negeri sipil yang telah diangkat dalam jabatan struktural dilakukan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak penetapan pengangkatannya. “Oleh karena itu pelantikan hari ini kita selenggarakan sebagai susulan karena pejabat yang kita lantik ini sedianya dilantik pada tanggal 31 desember 2016 yang lalu, karena suatu hal belum bisa melaksanakannya maka sesuai amanat pp 100 hari ini kita laksanakan pelantikanya,” jelas Sudiarto.

Sudiarto melanjutkan, pelantikan juga satu bentuk komitmen untuk patuh terhadap aturan PP Nomor 18 tahun 2016 tentang perubahan sOTK pemerintahan daerah. Perubahan SOTK ini disamping memenuhi aturan atau ketentuan PP Nomor 18 tahun 2016 juga memperhatikan efisiensi, dalam arti organisasi yang ramping.

”Saya  berharap rekan-rekan asn yang hari ini dilakukan pengukuhan/pelantikan bisa melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, tentunya baperjakat sudah berupaya menempatkan rekan-rekan dengan pertimbangan yang sangat matang sesuai dengan kompetensi saudara-saudara,” katanya. (bun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan