14 Februari, Surat Suara Mulai Disebar

bandungekspres.co.id, CIMAHI – 7 hari jelang hari H pencoblosan Pilkada Kota Cimahi, 15 Februari 2017 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) konsentrasi pada logistik yang akan didistribusikan ke tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurut Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya, terhitung dari 8 sampai 13 Februari 2017 pihak KPU melibatkan Ketua KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) atau yang mewakilinya untuk mengecek kelengkapan kebutuhan logistik yang akan digunakan pada pencoblosan.

”5 hari kedepan dari sekarang (kemarin.Red), kami melibatkan anggota KPPS untuk mengecek kelengkapan agar tidak terjadi kekurangaan pada logistik saat hari H nanti,” ungkapnya di kantor KPU Jalan Pasantren Kota Cimahi, Rabu (8/2).

Handi menjelaskan, Kesalahan krusial yang sering terjadi pada kelengkapan logistik biasanya terjadi pada jumlah surat suara dan formulir yang kadang lebih bahkan bisa kurang.

Jumlah dari surat suara dan formulir  yang didistribusikan ke TPS lanjut Handi harus disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah dengan 2,5 persen surat suara cadangan.

“Pengecekkan ini  kan fungsinya untuk mencocokkan DPT dengan jumlah surat suara dan formulirnya. Jangan sampai ada kasus TPS kekurangan atau justru kelebihan surat suara. Kami ingin tepat jumlah dan tepat jenis, semua kebutuhan dan keperluan di TPS jadi prioritas kami,” imbuhnya.

Teknis pengecekan kelengkapan logistik oleh KPPS, dilakukan secara bergantian dengan penyesuaian jumlah TPS yang ada Pada setiap Kelurahan. Dalam sehari, ada beberapa KPPS dan PPS yang melakukan pengecekkan logistik di KPU Kota Cimahi.

“Pengecekan logistik oleh KPPS dan PPS, dibagi menjadi tiga tahapan pengecekkan yang bertujuan optimalisasi keamanan dan ketepatannya. Setiap hari pasti ada KPPS dan PPS yang datang, tapi jumlahnya gak selalu sama,” katanya.

Ditambahkan Handi, semua logistik rencananya akan didistribusikan H min 1 atau pada 14 Februari dengan cara diambil langsung oleh setiap KPPS ke kantor KPU dan dibawa ke TPS dengan kawalan dari aparat Kepolisian.

Berdasarkan pantauan Cimahi Ekspres dilapangan tampak para anggota KPPS sedang melakukan pengecekan keperluan logistik yang akan digunakan pada pencoblosan di awasi dan dijaga oleh pihak Kepolisian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan