Cover Lima Area di Bandung Raya

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – PT XL Axiata Tbk terus memperluas jaringan 4,5G. Setelah diimplementasikan di Jabotabek, Jawa Tengah, DIY, Surabaya, Denpasar, kini giliran Bandung Raya bisa dinikmati di lima titik yang berbeda.

Vice President XL Central Region, Rd Sofia Purbayanti mengatakan, lima titik layanan 4,5G itu masing-masing di Pusdikom Cibereum Cimahi, LTE Cimahi, Kerta Mulya Bandung, LTE Tani Mulya Bandung, dan di Simpang Karapitan, Cimahi Kota.

Layanan 4,5G bisa dinikmati masyarakat dengan syarat ponselnya bisa mendukung. ”Kalau perangkatnya mendukung, layanan data ini bisa langsung dinikmati di lima titik itu,” kata Sofia di Kantor XL Central Region, Kota Bandung, kemarin (6/2).

Dijelaskannya, layanan 4,5G ready ini, bisa menaikkan kecepatan data penggunanya. Itu 30 persen di atas jaringan 4G.

Kehadiran layanan 4,5G ini terus dilakukan dengan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan 4G LTE. Itu dengan implementasi BTS 4,5G ready yang akan mendukung teknologi 4,5G tanpa perlu up date BTS.

Ditambahkannya, khusus pelanggan layanan 4G di Jawa Barat, sudah mencapai 1,3 juta pelanggan dari 19 juta pelangan sentral. Kedepannya, XL akan terus meningkatkan pengguna 4G, dimana capaiannya saat ini sudah meng-cover 53 persen populasi yang ada di Indonesia.

”Kita yakin, pelanggan yang saat ini menggunakan layanan 4G akan naik ke 4,5G,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Sofia, BTS 4G di Indonesia totalnya 1.564 BTS. Sementara di Jawa Barat, jumlahnya sekitar 920 BTS.

Dari capaian yang ada, pada 2017 ini, XL akan terus melakukan peningkatan kualitas dan perluasan jaringan di Indonesia. Rencananya, semua wilayah yang masih memanfaatkan layanan 3G, terkhusus wilayah yang belum tersedia layanan data akan menjadi target selanjutnya. Itu dengan mengalokasikan anggaran lebih dari 80 persen belanja modal.

Dari sasaran itu, akan dilihat wilayahnya. Prioritas tentu, kata Sofia adalah wilayah yang memiliki kebutuhan akses datanya tinggi. ”Intinya, kami akan terus meningkatkan kualitas layanan data melalui layanan 4G LTE di Indonesia. Terutama wilayah-wilayah yang memiliki kebutuhan akses data yang tinggi,” terang Sofia. (anwar-job/pojok/JPG/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan