PSG & Shanghai Paling Boros, Premier League Mengeruk Untung

bandungekspres.co.id – Paris Saint-Germain kembali menggeliat. Setelah beberapa tahun lalu sempat jor-joran dalam membeli pemain dengan harga selangit, kini jawara Prancis itu kembali menjadi klub terboros dalam aktivitas trasfer musim dingin.

Hanya selama Januari 2017, PSG sudah menggelontorkan dana hingga 70 juta euro untuk belanja pemain bintang. Padahal, cuma dua nama yang dibeli. Namun, kedatangan Julian Draxler dari VfL Wolfsburg benar-benar menguras isi kocel Naser Al Khelaifi selaku pemilik klub.

Draxler diboyong dengan bandrol 40 juta euro sekaligus menjadi pemain termahal yang bergabung klub Eropa pada Januari ini. Nilai Draxler hanya kalah dari transfer Oscar ke klub Tiongkok, Shanghai SIPG, seharga 60 juta euro. Namun bukan cuma Draxler yang memaksa PSG boros. Memboyong Goncalo Guedes dari Benfica pun membuat dana 30 juta euro harus melayang.

Setelah PSG, klub terboros lain adalah Shanghai SIPG. Serupa dengan Les Parisiens, klub raksasa Chinese Super League (CSL) ini cuma membelanjakan dana untuk dua pemain, Oscar dan Odil Akhmedov. Namun, harga Oscar yang mencapai 60 juta euro saat dibeli dari Chelsea sudah memaksa kocek SIPG terkuras. Sementara Akhmedov hanya diboyong seharga 7 juta euro.

Melengkapi tiga teratas, ada rival SIPG di CSL, Tianjin Quanjian, yang menghabiskan dana hingga 48,5 juta euro hanya dalam sebulan. Selama Januari ini, Quanjian memboyong Axel Witsel dari Zenit St. Petersburg (20 juta euro), Alexandre Pato dari Villarreal (18 juta euro), dan Kwon Kyung-won dari Al Ahli (10,5 juta euro).

Fakta menarik lain dari bursa transfer musim dingin adalah pergeseran tren klub-klub Premier League. Jika biasanya sebagian besar klub kasta teratas di Inggris begitu boros dalam belanja pemain dan acap mengalami kerugian, kali ini berbeda. Dari data yang dirilis Deloitte Sports Business Group, total 20 klub Inggris justru megoleksi keuntungan hingga 14,35 juta euro.

Tentunya keuntungan itu tak lepas dari keberanian klub Tiongkok dan Prancis dalam menggelontorkan dana besar untuk memboyong Oscar, Dimitri Payet, Memphis Depay, Odion Ighalo. Total transfer keempat pemain itu melibatkan dana hingga 128,6 juta euro.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan