Bukti Perizinan Bisa Diakali, Penyidik Berencana Panggil Wali Kota

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung terus melakukan penyelidikan dugaan suap di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Bahkan, memanggil Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan jajaran jika diperlukan.

”Ada kemungkinan ada pemanggilan atas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan juga jajarannya. Tergantung hasil penyelidikan apabila memang disebut oleh saksi ya kalau sesuai mekanisme akan kami periksa,” papar Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP M. Yoris Maulana Yusuf Marzuki di Mapolrestabes, Jalan Jawa, kemarin (31/1).

Diduga kasus di lingkungan DPMPTSP sendiri itu melibatkan uang hingga miliaran rupiah untuk pengurusan pelayanan perizinan. Yoris menjelaskan, penyidik hingga saat ini fokus pengembangan kasus di internal lingkungan DPMPTSP.

”Ya kita lihat saja nanti, itu masih jauh kok. Yang penting sekarang proses ke dalem dulu. Pemeriksaan bisa berkembang, saat ini kita fokuskan ke dalam dulu,” tuturnya.

Inspeksi mendadak dari Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) tiba-tiba saja mendatangi Kantor Gubernur Jawa Barat Gedung Sate kemarin (31/1)

Ditemui oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa Tim Saber Pungli menanyakan langsung kepada Iwa mengenai fasilitas Saber Pungli yang dimiliki oleh Pemprov Jabar.

”Jujur saja kedatangan mereka ini mendadak sekali, katanya usai mengunjungi Polrestabes Bandung guna memantau proses pasca operasi tangkap tangan (OTT) Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Dandan Riza Wardana,” jelas Iwa ketika ditemui usai mendampingi Tim Saber Pungli.

Menurutnya, kunjungan yang dilakukan tim Saber Poungli pusat ini dipimpin langsung oleh Sekretaris I Saber Pungli Pusat  Andrie TU Soetarno dan Sekretaris II Saber Pungli Pusat Brigjen Pol Gufron bersama tim.

Selain memeriksa fasilitas rombongan ini juga melakukan dialog langsung bersama mengenai penerapan sistem dalam mendukung Saber Pungli tersebut. ”Jadi kami tidak membicarakan kasus tertentu apalagi membicarakan permasalahan hukum yang sedang ditangani di Kota Bandung,” ucap Iwa.

Iwa mengaku, tim pusat menilai tim saber pungli Jabar terbaik dibanding daerah lain. Pusat juga meminta agar Pemprov terus memberikan dorongan dan supervisi agar perbaikan tata kelola keuangan dan pelayanan masyarakat di Jabar makin baik terlebih yang melakukan sidak tersebut adalah para Pejabat Pusaat Tim Saber.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan