Ayu Azhari Menyebar Kedamaian

SEAKAN tak terpancing dengan ujaran kebencian (hate speech) yang mulai mewabah di sejumlah sosial media. Bersama putranya, Axel.Penyanyi Ayu Azhari mengandeng penyanyi legendaries The Black Brothers menggelar konser musik untuk toleransi dan damai.

Aksi itu dilakukan Ayu Azhari di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, belum lama ini. ”Sebagai seniman, kita bisa berkarya, menyatukan, menciptakan suasana kasih sayang lewat karya seni,” ujar Ayu Azhari.

Selama ini, Ayu mengaku, musik memang sebagai media hiburan. Namun di era dimana kerap terjadi tindakan intoleransi dan disharmoni sosial di kalangan masyarakat. Musik bisa dijadikan media untuk menciptakan ke indonesiaan yang toleran, damai dan sosial local wisdom.

”Dari tarian, musik, kita punya budaya beragam, jadi toleransi di musik. Kita bisa lihat sekarang, isu perbedaan, kita mau mempersatukan dalam musik,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Ayu, Indonesia adalah bangsa dan negara yang beragam. Sehingga perlu dilestarikan dan dirawat melalui kekuatan budaya. ” Dan aksi seperti ini juga bagian merawat budaya,” jelasnya.

Atas aksi yang menyebar kedamaian yang telah dilakukannya. Istri Mike Tramp, vokalis band internasional White Lion tersebu dinobatkan sebagai Duta Etnik Indonesia 2017. Predikat ini didapatkan Ayu dari komunitas desainer. ”Alhamdulillah saya diajak komunitas desainer supaya menjadi Duta Etnik Indonesia 2017. Makanya dalam penampilan ini pakai kain tenun khas dari NTT, bagus juga,” kata Ayu.

Ingin bertanggung jawab atas predikat yang disematkan kepadanya. Ayu membawa unsur etnik dalam penampilannya. ”Saya harus bertanggung jawab, dengan memakai pakaian tradisional Indonesia,” ujarnya.

Dengan busana Tradistional, Ayu terlihat tampil Anggun. ”Ini bagian dari ibadah, berpenampilan lebih baik, tanggung jawab juga,” katanya.

Lewat penampilannya itupun Ayu ingin membantu para UMKM. Bahwa karya mereka pantas digunakan di event apapun. ”Membantu pengrajin atau UMKM berkarya, memberikan peluang pengrajin berkarya, membangun kesejahteraannya,” tegasnya. (anh/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan