Sasar 896 Ribu Anak Yatim, Siswa Penghuni Panti Asuhan Dapat KIP

Provinsi Jawa Timur memiliki jumlah anak yatim paling banyak, yakni 6.416 jiwa. Dari jumlah itu, hanya 854 anak atau 13,3 persen yang memiliki KIP (lihat grafis). Muhadjir menjelaskan, anak-anak yang mendapat KIP itu seluruhnya masih tinggal bersama keluarga. ’’Mereka masih masuk ke dalam kartu keluarga,’’ lanjutnya. Sedangkan, yang belum memiliki KIP rata-rata tinggal di panti asuhan.

Muhadjir menjamin seluruh anak yatim itu akan mendapatkan KIP. Kemendikbud sudah memiliki data by name by addres, dan kartunya sudah siap untuk dicetak. Rencananya, paling lambat Februari KIP untuk anak yatim sudah bisa diluncurkan oleh presiden dan diistribusikan.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, total yang mendapatkan KIP tahun ini sebanyak 896 ribuan anak. ’’Mereka semua statusnya siswa,’’ katanya di Jakarta kemarin. Dari total anak yatim penerima KIP itu, sebanyak 44 ribu di antaranya tinggal di panti asuhan.

Hamid mengatakan pemberian KIP untuk anak yatim sudah dimulai sejak tahun lalu. Dia menjelaskan dari total sasaran 896 ribu anak yatim itu, sebanyak 159 ribu di antaranya sudah dapat KIP sejak tahun lalu. Hamid berharap tahun ini penyaluran KIP kepada anak-anak yatim berjalan lancar.

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih menuturkan masalah penyaluran KIP maupun KIS selama ini data yang tidak beres. Dia mengatakan, data yang dirilis dan digunakan sebagai basis KIP adalah data 2011 keluaran Kemensos.

’’Sampai sekarang dilakukan beberapa kali validasi dan revisi, namun tidak kunjung akurat,’’ tuturnya. Sehingga di lapangan masih dijumpai KIP salah sasaran. Kemudian penyaluran KIP yang retur atau kembali karena penerimanya tidak ada dan sebagainya.

Dia menuturkan penyaluran KIP maupun KIS adalah skema pemberian bantuan untuk mengurangi kesenjangan kesejahteraan di masyarakat. Dulu namanya bantuan langsung tunai (BLT), bantuan siswa miskin (BSM), dan Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat). (byu/wan/rie)

Lima Besar Daerah dengan Siswa Yatim dan Yatim Piatu Terbanyak

Provinsi                   Siswa Yatim   Penerima KIP         Persentase

Jawa Timur             6.416               854                          13,3

Jawa Tengah           5.232               1.191                       22,8

Jawa Barat              4,277               368                          8,6

Sumatera Utara       2.805               145                          5,2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan