Bandung ’Diserbu’ Wisatawan

bandungekspres.co.id, KIARA CONDONG – Kota Bandung ’diserbu’ wisatawan saat libur weekend yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sejumlah tempat wisata, baik ruang publik hingga komersil dipadati pengunjung.

Arus lalu lintas didominasi kendaraan asal luar kota. Salah satu titik kepadatan pada Minggu-Senin (11-12/12) yaitu pusat perbelanjaan di sekitar Jalan RE Martadinata dan Jalan Riau. Kepadatan serupa juga terjadi di Pasar Baru Jalan Otto Iskandar Dinata dan di Jalan Braga.

Kepadatan di ruas jalan tersebut karena banyaknya warga yang berwisata di Taman Alun-alun Bandung serta Jalan Soekarno Kota Bandung.

Salah satu destinasi wisata di Kota Bandung, Kebun Binatang pun dipenuhi pengunjung. Berdasarkan data yang diperoleh, pada Sabtu (10/12), kunjungan mencapai 1.200 orang, Minggu (11/12) 5.000 orang, Senin (12/12) hingga pukul 12.45 hingga 3.400 orang telah mengunjungi ke Kebun Binatang Bandung.

”Ada peningkatan dibandingkan hari Minggu biasa. Kalau hari-hari biasa, Sabtu biasanya kisaran 1.000 sampai 1.500, Minggu dari biasanya 3.500,” kata Humas Kebun Binatang Bandung Sudaryo kepada wartawan, kemarin (12/12).

Dia melanjutkan, jumlah pelancong tersebut bakal terus bertambah. Sunaryo memprediksi libur panjang kali ini Kebun Binatang Bandung bakal kedatangan 10.000 wisatawan.

”Sepertinya bisa sampai 10.000. Karena, kan kita loketnya tutup jam 16.00. Jadi masih ada waktu beberapa jam ke depan,” kata dia.

Dikatakan Sunaryo, pelancong yang berkunjung datang dari berbagai daerah di Jawa Barat dan luar Jawa Barat, termasuk Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Cirebon, Indramayu, Tasikmalaya, Garut, dan lain-lain.

”Banyak yang dari luar kota datang. Termasuk beberapa rombongan dari Bekasi yang menggunakan bus. Dari Tasik juga ada rombongan yang datang. Kalau, daerah yang pengunjungnya terbanyak, saya kurang tahu,” terangnya.

Suanryo menyebut, banjir pelancong ini salah satunya disebabkan libur panjang. Selain itu, faktor Kota Bandung yang kerap menjadi destinasi wisata, juga berpengaruh terhadap angka pengunjung di Kebun Binatang Bandung.

”Di Bandung, kan banyak tempat wisata. Jadi orang-orang dari luar kota bisa milih tempat-tempat wisata mana saja yang akan di kunjungi. Bandung juga, kan, enggak macet. Beda dengan Jakarta,” tukasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan