Jabar Sumbang Rp 3,5 Miliar untuk Korban Gempa Aceh

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menyerahkan bantuan bagi korban gempa Pidie Aceh sebesar Rp 3,5 miliar. Bantuan itu merupakan hibah dan bantuan masyarakat Jawa Barat.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, jumlah bantuan tersebut terbagi menjadi Rp 2 miliar yang berasal dari pos belanja hibah 2016 Pemprov Jabar. Sisanya Rp 1,5 miliar dari masyarakat dan PNS Pemprov Jabar yang terhimpun dananya di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat. Juga termasuk dana dari Rumah Zakat Indonesia dan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) bank bjb.

”Masyarakat Jabar turut berbelasungkawa atas musibah yang terjadi di Kabupaten Pidie, Aceh,” kata Heryawan, belum lama ini.

Dia menambahkan, sejauh ini pihaknya telah menyaksikan pemerintah dan masyarakat bahu membahu memberikan bantuan kepada masyarakat di Aceh yang tertimpa musibah hingga ratusan orang meninggal dunia. ”Dan kami dari Jabar, sebagai bagian utuh dari Indonesia, akan ikut berpartisipasi meringankan beban saudara-saudara kita di Pidie,” sambung pria yang akrab disapa Aher tersebut.

Tidak hanya bantuan dana, tapi tenaga relawan pun akan dikirimkan dari beberapa ormas di Jawa Barat. Hal ini mengacu sejumlah pengalaman yang pernah dilakukan pihaknya dalam membantu korban bencana di Sumatera Barat, Oktober 2009 lalu.

Sebelumnya, saat tsunami Aceh Desember 2004 lalu, Pemprov Jabar kala itu juga berpartisipasi dalam memobilisasi bantuan masyarakat kepada warga Serambi Makkah itu. ”Bencana alam yang kerap terjadi di belahan bumi Nusantara ini, di saat itu Jabar selalu tergerak untuk membantu. Mari kita peduli sesama anak bangsa agar keberkahan meliputi kita semua,” kata Aher.

Rencananya, Aher akan menyerahkan langsung bantuan korban gempa Aceh. Dalam waktu dekat Aher akan bertolak menuju Serambi Makkah. (yan/rls/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan