Akses Jalan Dua Desa Diresmikan

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat, Abubakar, meresmikan pembangunan jalan Patrol Maribaya-Puncak Eurad. Jalan tersebut menghubungkan Bandung Barat dengan Kabupaten Subang. Setelah berpuluh-puluh tahun bermimpi memiliki akses jalan yang layak dan representatif, kini masyarakat Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang dan masyarakat Desa Cupunagar,  Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang bisa terwujud.

Abubakar menuturkan, pembangunan jalan ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah. ”Perlahan tapi pasti, kami terus berusaha mewujudkan berbagai impian dan harapan masyarakat,”  jelas Abubakar kepada wartawan di Lembang, belum lama ini.

”Dalam melakukan pembangunan, pemerintah harus mendapatkan dukungan dari masyarakat. Sehingga pembangunan dapat terwujud jauh lebih baik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wangunharja Dede Hermawan mengatakan, pembangunan ruas jalan yang didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Dasar (APBD) Bandung Barat. ”Diharapkan jalan tersebut bisa membantu perekonomian masyarakat. Mengingat, tidak sedikit masyarakat Desa Wangunharja yang bertani sayuran di lahan Desa Cupunagara, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, begitu pula sebaliknya,” terang Dede.

Diakui olehnya, dibangunnya jalan tersebut seperti mimpi. Sebab, sejak tahun 1962  jalan penghubung jalan ini hanyalah sebuah jalan tanah yang hanya bisa dilewati dimusim kemarau saja. Sedangkan dimusim hujan tidak memungkinkan untuk dilewati.

N amun ruas jalan tersebut juga memiliki peran penting terhadap distribusi dan pemasaran hasil tani kedua daerah setiap harinya. ”Akhirnya impian kami ini menjadi nyata berkat kehadiran Pemerintah Bandung Barat yang menjadikan pembangunan ruas jalan ini menjadi salah satu program prioritasnya,” kata Dede.

Hal senada diutarakan Camat Cisalak, Kabupaten Subang Agus Hendra yang turut bahagia dengan pembangunan jalan tersebut. Sebab, turut membantu mempercepat roda perekonomian masyarakat Subang yang berbatasan langsung dengan Desa Wangunharja.

”Atas nama pemerintah dan masyarakat Subang, saya mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas dibangunnya ruas jalan penghubung ini,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknyaakan terus menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat Wangunharja. Hal ini sebagai dukungan proses pembangunan di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. (drx/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan