Pendidikan Buka Peluang Bekerja

”Mereka harus mampu menunjukan prestasi setelah lulus ini. Bahkan, harus bisa bersaing dengan lulusan pendidikan formal,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Paud dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) KBB, Jalaludin menambahkan, pada acara ini ada sekitar 2.622 orang peserta didik pada pendidikan non formal yang diselenggarakanya. Namun yang dinyatakan berhasil lulus mengikuti Ujian Nasional (UN) hanya sekitar 2.230 orang, di antaranya 1.028 orang yang lulus dari 1.378 peserta paket C, 1.111 orang yang lulus dari 1.137 orang peserta didik paket B dan 91 orang yang lulus dari 107 orang peserta didik paket A.

”Tapi yang hadir dalam  wisuda ini hanya 600 orang saja. Itu perwakilan peserta karena banyak yang sudah kerja,” kata Jalaludin.

Adapun pola pembelajaran pada pendidikan non formal di PKBM ini dilakukan secara reguler. Namun pada penyelenggaranya tergantung kesiapan peserta didik yang mengikutinya. Ada yang setiap hari dan ada juga yang seminggu 2 atau 3 kali pertemuan bagi yang peserta didik yang sudah bekerja.

”Sistem belajar pasti berbeda dengan pendidikan formal karena memang mereka kebanyakan bekerja. Namun untuk ijazahnya secara Nasional dari Dirjen Dikmas tapi pembelajaranya diatur oleh satuan pendidikan di PKBM masing-masing,” terangnya seraya menyebutkan ada 8 PKBM yang tersebar di wilayah Kabupaten Bandung Barat. (drx/fik)

Tinggalkan Balasan