Serangan Vietnam Lebih Berbahaya

bandungekspres.co.id, HANOI – Semua pemain di setiap posisi dalam tim nasional (Timnas) Indonesia sudah sepatutnya bekerja keras saat menantang Vietnam dalam pertandingan leg kedua babak semifinal Piala AFF di My Dinh Stadium, Hanoi, malam nanti (tayangan langsung RCTI Pukul 19.00 Wib). Namun, dari setiap posisi tersebut, pemain yang berada di sisi kiri harus bekerja lebih total.

Itu tidak lain, karena dominasi serangan Bintang Emas –julukan Timnas Vietnam— lebih dominan berasal dari lini kiri pertahanan lawan. Di sektor itu, pelatih Timnas Vietnam, Nguyen Huu Thang selalu menjadikan Nguyen Van Quyet sebagai target man di sektor itu. Strategi tersebut terbaca lewat tiga kemenangan yang mereka raih saat di babak penyisihan grup.

Ketika itu, dari total enam gol koleksi Vietnam, dua gol lahir dari sisi kiri pertahanan lawan, dua gol lain dicetak oleh Le Cong Vinh dari sektor tengah, serta satu gol lahir dari lini belakang yang memanfaatkan sepakan pojok. Sementara satu gol lain dicipatakan oleh gol bunuh diri saat melawan Kamboja.

Nah, Rizky Pora dan Muhamad Abduh Lestaluhu yang selama ini beroperasi di sisi kiri lapangan sudah bertekad untuk bekerja maksimal dalam laga nanti malam. Tentu dengan disiplin untuk memperketat penjagaan kepada Nguyen Van Quyet yang terkenal licin itu. ”Siap saja mas. Toh, selama tahun ini kami sudah tiga kali lawan mereka,” kata Abduh Lestaluhu setelah oficial training di My Dinh Stadium, tadi malam.

Bila melihat latihan terakhir, Alfred Riedl sepertinya akan bermain dengan formasi yang berbeda dari biasanya, yaitu dengan formasi 4-2-3-1. Di lini belakang, Hansamu Yama yang bermain apik di laga perdana akan tetap diberikan kepercayaan untuk menggantikan posisi Yanto Basna yang terlihat kurang fit akibat terlambat adaptasi dengan cuaca Hanoi yang dingin.

Di posisi itu, dia akan diduetkan dengan Abduh Lestaluhu, Fachruddin Wahyudi serta Benny Wahyudi. Riedl juga akan menugaskan dua gelandang bertahan Manahati Lestusen dan Bayu Pradana sebagai pelapis. Sedangkan di lini tengah, ada Rizky Pora dan Andik Vermansah yang ditugaskan di sisi kiri dan kanan lapangan, serta Stefano Lilipaly sebagai jenderal lapangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan