oleh

Minimarket Wajib Pasarkan Produk Lokal

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat, Abubakar, mengultimatum kepada seluruh pengusaha toko modern atau minimarket. Di mana semua took moderm harus memberikan ruang dengan memasarkan produk lokal dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bandung Barat. Hal itu untuk membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka.

”Untuk memperkuat itu, saya akan buat sekalian peraturan bupati (perbup) atau surat edaran,” tegas Abubakar usai menghadiri acara Gelar Produk UMKM serta Pengukuhan Pengurus Forum UMKM di Ngamprah, kemarin (6/12).

Menurut Abubakar, memasarkan produk lokal tersebut akan menjadi syarat dalam mengeluarkan izin. Sehingga, keberadaan minimarket ini akan membantu pelaku UMKM bisa lebih berkembang. ”Jika tidak memberikan ruang bagi para pelaku UMKM, izin tidak akan dikeluarkan. Ini sebagai proteksi dari pemerintah daerah,” ungkapnya.

Abubakar mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya mendukung produk-produk UMKM. Secara umum, produk UMKM mencakup tiga jenis, yaitu kuliner, fashion, dan kerajinan.

”Ini masalah pemasaran saja. Sebab soal kualitas, produk UMKM juga bisa bersaing dengan produk dari luar. Bahkan pelaku UMKM di Bandung Barat sangat inovatif,” katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Bandung Barat, kata Abubakar, saat ini diperkirakan ada sekitar 42 ribu produk UMKM. Namun yang tercatat di dinas baru setengahnya, sementara baru 4.300 pelaku UMKM yang mendapat pembinaan. ‪

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.