Bandung Tingkatkan Pengamanan Terkait Maraknya Kejahatan Jalanan

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Aksi kejahatan jalanan akhir-akhir ini marak di Kota Bandung. Seperti aksi kejahatan yang menimpa tiga mahasiswa di Kecamatan Coblong menjadi korban sepulang kegiatan kampus, serta kasus penodongan di dalam angkot yang menimpa lima pelajar SMP Negeri 2.

Menanggapi kasus tersebut Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Winarto mengatakan, kejahatan jalan saat ini sedang marak terjadi di beberapa lokasi khususnya di Kota Bandung. Untuk itu, pihaknya berkomitmen akan memberantas pelaku kejahatan jalanan di Kota Bandung dan mengintrukskan anggotanya melakukan tembak di tempat bagi pelaku kejahatan jalanan.

”Saya minta anggota untuk menembak ditempat pelaku kejahatan jalanan. Karena sangat membahayakan korban,” Katanya kepada wartawan di Mako Polrestabes Bandung, kemarin (18/11).

Perwira dengan pangkat tiga melati di pundaknya ini mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim khusus yang akan siap memburu para pelaku kejahatan jalan. Dengan demikian, ruang gerak pelaku kejahatan jalanan di wilayah hukum Polrestabes Bandung akan semakin sempit.

”Tidak ada ruang bagi penjahat jalanan khususnya pelaku kejahatan jalanan di Kota Bandung,” tegas Winarto.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi memaparkan, langsung menggelar rapat bersama koperasi dan komunitas transportasi untuk membahas antisipasi tindakan kriminalitas, menyusul terjadinya kasus dugaan penodongan  di dalam angkot di Jalan Ciatel.

Menurutnya, hasil rapat tersebut ada beberapa usulan untuk mengantisipasi aksi kriminalitas. Salah satunya menurunkan dan menaikkan penumpang di tempat pemberhentian angkot agar terpantau.

”Hasil pertemuan kami sepakat kalau setuju, sepanjang jalan pintu ditutup jadi naik turunnya penumpang di angkot stop (halte, Red), supaya bisa lebih terpantau,” tandasnya.

Di bagian lain, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi kinerja Polrestabes Bandung yang berhasil menangkap pelaku kejahatan jalanan di wilayah Kecamatan Coblong pada Jumat (18/11) dini hari.

Pelaku berhasil dilumpuhkan pihak kepolisian saat hendak melakukan aksi kejahatan di kawasan Jalan Babakan Siliwangi dengan menembak mati pelaku yang selama ini membuat keresahan warga serta pengguna jalan.

”Intinya Pemkot mengapresiasi terkait pemberantasan kriminal bermotor yang terjadi belakangan ini,” kata Ridwan di Pendopo Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, kemarin (18/11).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan