Barcelona Digandeng Rakuten

bandungekspres.co.id, BARCELONA secara resmi mengumumkan kesapakatan kerja sama dengan perusahaan asal Jepang, Rakuten, yang menjadi sponsor utama sekaligus sponsor kostum untuk musim 2017-2018.

Itu berarti, kostum Blaugrana – julukan Barcelona, di bagian dada tak ada lagi tulisan ’Qatar Airways’ melainkan ’Rakuten’.

Kerja sama berdurasi 4 tahun dengan opsi penambahan setahun tersebut bernilai 48 juta pounds per tahun. Masih kalah dengan nilai kontrak Chevrolet bersama Manchester United senilai 53 juta pounds per tahun.

Hanya saja, kontrak Barcelona bersama Rakuten lebih tinggi dibanding Real Madrid bersama Emirates Airlines yang bernilai 30 juta pounds per tahun.

Proses penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, dan CEO Rakuten, Hroshi Mikitani.

Menariknya, kerja sama tersebut diawali dengan pertemuan defender Gerard Pique dan Mikitani dk rumahnya yang terletak di San Francisco pada 2015. Pique dan Mikitani berbicara banyak hal. Pique menjelaskan Barcelona sebagai klub yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Bahkan, di kawasan Asia, jumlah fans meningkat drastis.

Bermula dari situ Mikitani tertarik dan melanjutkan pertemuan-pertemuan selanjutnya dengan manajemen Blaugrana. Pada akhirnya, kesepakatan pun terjadi.

”Kami sangat senang dengan kerja sama ini. Tentu saja ini kerja sama yang sangat fantastis. Rakuten adalah perusahaan dagang online dan itu menunjang klub dalam era modern dan semua serba canggih,” tutur Bartomeu seperti dilansir situs resmi klub.

Rakuten adalah perusahaan belanja online terbesar yang berpusat di Jepang. Ini untuk kesekian kalinya kostum Barcelona terdapat sponsor di dada. Sebelumnya kostum Barcelona selalu polos. Dimulai dari UNICEF pada 2006, kemudian Qatar Foundation pada 2011-2012, dan Qatar Airways hingga saat ini. Musim depan, tulisan Rakuten ada di bagian dada kostum Barcelona. (epr/JPG/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan