Gedung Geologi Bukan Tempat Resepsi

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Djohan meminta, Badan Geologi intens bersentuhan dengan masyarakat. Sebab, hal tersebut akan merangsang tingkat penelitian di kalangan pelajar.

Menurut dia, minimnya eksistensi Badan Geologi akan berdampak pada semakin minimnya kalangan pendidikan untuk mencintai Geologi. ”Jangankan tertarik, tahu juga mungkin tidak,” ucap Jonan saat di kantor Badan Geologi kemarin (11/11).

Yang miris, kata dia, gedung Badan Geologi saat ini lebih dikenal oleh kalangan hanya sekadar untuk gedung pernikahan ketimbang gedung penelitian.

Djonan mengaku, selama dirinya menjabat  sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang berkantor di Bandung, dia tidak mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan Geologi.

”Dulu, saya sering diundang acara pernikahan di gedung Pusdai, kan dekat dengan Museum Geologi. Tapi saya gak tahu kalau di dalam museum itu ada orang sebanyak ini (pegawai Badan Geologi),” jelas Jonan dengan nada menyindir.

Untuk itu, dia meminta agar sosialisasi terkait eksistensi dan program Badan Geologi harus gencar dilakukan. Termasuk menerapkan strategi baru dalam  menyampaikan informasi kepada publik.

Dirinya menilai,  kalau masyarakat kurang suka dengan geologi karena itu bagian dari ilmu pasti. Dan itu menjadi salah satu tugas para pegawai untuk menyederhanakan ilmu yang ada menjadi sangat diminati.

”Bisa bikin animasi, dan sebagainya tapi untuk masyrakat awam. Jangan menggunakan bahasa geologi seperti seismik, vulkanik, dan sebagainya, itu apa. Mereka kan gak ngerti. Coba disimplifikasi dengan bahasa yang lebih sederhana,” papar Jonan.

Jonan  menargetkan, dalam kurun 6 bulan ini, Badan Geologi harus lebih terkenal ketimbang Kementerian ESDM. Sehingga masyarakat bisa mengetahui dan memahami sebenarnya apa itu Geologi.

”Kita bisa bikin facebook, bikin twitter, dan meng-update website secara rutin 6 bulan dari sekarang Badan Geologi harus lebih dikenal,” ucapnya. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan