Indigo Batch II 2016 Umumkan 13 Startup Terpilih

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Indigo Creative Nation (ICN), program inkubator dan akselerator startup PT Telkom mengumumkan 13 startup terpilih dari total 300 peserta lebih untuk mengikuti program Indigo Batch II di Jakarta Digital Valley, belum lama ini.

Arief Musta’in, EGM Divisi Digital Service PT Telkom, pengelola ICN, mengatakan, 13 rintisan usaha digital terpilih dalam tiga kriteria. Yakni market validation (sudah siap menjadi mesin bisnis), product validation (pengguna menyukai aplikasi), dan customer validation  (pengguna membutuhkan aplikasi).

Pemenangnya antara lain Synchro, Chatkoo, Angon, dan Tessy, Koolva, Habibi Garden, Meetchange, Growpal, Simbah, dan Hooki Arisan. Kepada mereka, terbuka peluang injeksi modal dari Rp 10 juta, Rp 120 juta, hingga Rp 2 miliar.

”Program inkubasi akan berlangsung sekitar enam bulan menggunakan pendekatan metode lean startup dan agile development. Jadi, kami akan bina mereka agar makin meningkat dari tahapan dasar customer validation menuju product validation, business model validation, dan akhirnya market validation,” katanya di sela-sela pengumuman.

Synchro adalah aplikasi distribusi data, Chatkoo (integrasi chatting populer dengan pesanan pelanggan), Angon (menghubungkan investor dengan peternak), Koolva (martketplace turis dengan guide), Habibi Garden (aplikasi manajemen tumbuhan), dan Meetchange (relasi individu dan organisasi non profit). Kemudian, Growpal (menghubungkan investor dengan petani dan pembeli hasil panen), Simbah (menghubungkan buyer dengan petani lokal), serta Hooki Arisan (aplikasi pengelolaan arisan).

Managing Director Indigo Creative Nation, Ery Punta menambahkan, 13 startup terpilih menggenapi sembilan startup Batch I yang diumumkan pada Februari 2016 lalu.

”Di tengah gencarnya berbagai program seleksi sekaligus inkubasi startup beberapa tahun terakhir ini di Indonesia, Indigo yang memasuki tahun ke tujuh, konsisten melakukan pembinaan pada rintisan usaha digital,” katanya.

Menurut dia, sejak dihelat tahun 2009 hingga sekarang, startup yang mendaftar telah mencapai lebih dari 2.000 peserta. Dari jumlah tersebut, yang masuk program inkubator ada 65 startup dengan sebagian sudah memperoleh mentoring intens, pendanaan, hingga diberangkatkan ke Silicon Valley.

Beberapa peserta inkubator sudah masuk pasar dan makin eksis melayani pengguna, baik oleh masyarakat luas maupun oleh Telkom Group yang memiliki puluhan anak perusahaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan