PLN luncurkan Layanan Mobile

bandungekspres.co.id, BANDUNG – PT PLN Persero resmi meluncurkan PLN Mobile. Aplikasi smartphone berbasis android dilaunching berbarengan dengan hari listrik, kemarin (31/10).

Kepala Divisi Sistem dan Teknologi Informasi PT PLN Persero, Agus Sutiawan, menyebutkan aplikasi dibuat untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan dan pengaduan terhadap layanan perusahan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

“PLN Mobile merupakan suatu aplikasi mobile customer self service yang terintegrasi dengan aplikasi pengaduan dan keluhan terpadu (APKT) dan aplikasi pelayanan pelanggan terpusat (AP2T),” ungkap Agus melalui surat elektronik yang diterima, kemarin (31/10).

Dia menjelaskan, aplikasi tersebut merupakan wujud inovasi dan layanan contact center 123 yang dimiliki PLN. Dalam kesempatan tersebut dia berharap, dapat mendukung perbaikan tata kelola Layanan Pengaduan dan Keluhan Pelanggan yang lebih maksimal.  “Serta memutus jalur birokrasi dan prosedur,” ungkapnya.

Sementara menurut Kepala Satuan Komunikasi Korporat I Made Suprateka, aplikasi tersebut diperuntukan bagi pelanggan maupun calon pelanggan. “Terutama untuk lebih mudah mendapatkan informasi tentang tagihan listrik, informasi pemadaman dan informasi lainnya yang berkaitan dengan layanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Made pun mengatakan hal yang sama dengan Agus. Pelanggan dapat dengan mudah menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi. Terkait dengan fitur dari aplikasi, dia menerangkan, terdapat lima fitur yang dengan mudah diakses.

Di antaranya, mengecek tagihan dan melihat riwayat pemakaian listrik, informasi tarif listrik terbaru dan cek status pengaduan atau permohonan. “Aplikasi tersebut terpasang simulasi pemasangan listrik sekaligus permohonan pasang baru. Atau bisa juga perubahan daya,” ungkapnya.

Ke depan, PLN akan terus mengembangkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Salah satu yang sedang dirancang adalah menghubungi costumer service tanpa melalui telepon rumah dan operator seluler.

Pelanggan nantinya bisa mengakses dengan menggunalan Voice Over Internet Protocol (VOIP). Layanan ini, lanjut dia, direncanakan akan muncul di versi selanjutnya. Lalu, akan hadir pula fitur info pemeliharaan yang terdampak kepada pelanggan.

Sehingga pelanggan dapat mengetahui alasan mengapa pemadaman terjadi di area layanan pelanggan. Untuk mengakses layanan PLN Mobile, pelanggan dapat diunduh melalui smartphone berbasis Android di Google Play Store.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan