Sang Juara dunia MotoGP 2016 Turunkan Ilmu Langsung di Trek

bandungekspres.co.id, SENTUL – Juara dunia MotoGP 2016 merayakan pencapaian hebatnya musim ini bersama fans Indonesia. Seribuan penggemar MotoGP memenuhi grand stand untuk menyaksikan langsung sang idola menggeber motor di lintasan balap. Ini adalah kali keempat bintang Repsol Honda itu mengunjungi Indonesia.

Marquez menyempatkan datang ke Indonesia di tengah jadwal padat balapan MotoGP. Untuk seri Asia balapan berlangsung tiga pekan secara beruntun. Pertama di Motegi, Jepang, kemudian Phillip Island, Australia, dan akhir pekan ini di Sepang, Malaysia. Sebelum terbang ke Malaysia hari ini Marquez menyapa para fans di Indonesia.

Marquez juga membagikan ilmunya kepada pembalap muda Indonesia. Dalam coaching clinic yang diikuti 16 rider binaan Astra Honda Racing School (AHRS) tak hanya menyampaikan teori tapi juga praktik langsung di trek. Materi utamanya terkait dengan posisi membalap yang tepat dengan menyesuaikan postur pembalap.

Dua grup rider yang masih berumur 12-17 tahun itu kemudian secara bergantian turun membalap di trek bersama Marquez. ”Dengan motor standar saja dia bisa sekencang ini. Di tikungan banyak rider yang butuh persiapan posisi untuk masuk tapi dia (Marquez, Red) enggak,” ucap rider jebolan AHRS yang kini membela Astra Honda Racing Team (AHRT) Dimas Ekky Pratama.

Dimas sempat menjajal produk baru Honda, motorsport CBR250 RR bersama Marquez. Keduanya menggeber motor full fairing tersebut di Sirkuit Sentul untuk kali pertama. Dalam beberapa kali lap dengan motor yang sama Dimas terlihat terus menguntit Marquez di belakang.

”Saya lihat cara dia mengerem sangat-sangat terlambat (late braking). Di trek lurus juga kenceng banget,” ungkapnya.

Rider belia AHRS asal Sidrap Mario SA mengatakan dengan sedikit teori melalui coaching clinic dan langsung dipraktikan di sirkuit, dampaknya langsung terasa. ”Saya bisa ngikutin dia (Marquez) tadi. Riding style bagus, saya perlu banyak belajar lagi,” kata pembalap 12 tahun tersebut. (cak/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan