Bank Musik Dorong Pelestarian Budaya

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengapresiasi acara roadshow, talkshow, dan gelar musik angklung bank musik di Saung Angklung Udjo, Padasuka-Bandung, kemarin (23/10).

Didampingi istrinya, Shobibah Rohmah, dia menyebutkan bank musik Indonesia merupakan ide dan terobosan yang digagas agar negara terlibat aktif dalam mendorong pelestarian budaya nusantara.

“Dengan bank musik, pemuda Indonesia yang kreatif dan inovatif 0di bidang musik dapat berperan dalam peningkatan pertumbuhan dan perekonomian daerah maupun nasional dan menjadikan aspek budaya nasional sebagai bagian dari proses inovasi dan kreativitas,” ujar Imam Nahrowi, kemarin.

Lebih lanjut dia berharap, acara semacam itu bisa menjadi bagian dari pusat penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda-pemuda kreatif di bidang musik yang juga mencintai budaya Indonesia.

Lanjutnya, hasil kreasi musik tersebut dapat ditampilkan di panggung terbuka dengan harapan lahirnya pemusik-pemusik yang tidak hanya handal dan profesional. Namun juga kreatif dan kompetitif dibidang musik.

“Bank musik adalah lembaga atau wadah berupa ruang publik tempat berinteraksi dan belajar bagi para pemuda kreatif/produktif, pencinta musik dan kreator musik dalam menghasilkan karya seni musik nusantara,” tambahnya.

Pimpinan Saung Angklung Udjo, Sam Udjo, mengaku sangat bersyukur dengan pennyelenggaraan roadshow bank musik ke saung angklung.

“Ini menunjukkan komitmen dari pemerintah terhadap budaya Nusantara yang telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, ” ujar Kang Udjo.

Sebut dia, sejak diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia, angklung diminta untuk selalu memberikan laporan perkembangannya ke UNESCO. Adanya komitmen dan perhatian pemerintah ini, kata dia, akan semakin memperteguh keberadaan angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia di Indonesia. (dre/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan