Koleksi Istimewanya Foto John Lennon Telanjang

Belanja dimulai ketika Roi memutuskan untuk membeli buku tentang musik dan musisi legendaris. Ternyata, di bagian belakang buku itu ada iklan yang menunjukkan toko penjual memorabilia musisi legendaris. ”Ada 12 toko,” katanya.

Perburuan pun dimulai. Dari dua toko yang dia datangi, pencarian sudah memuaskan. Dia mendapat gitar dengan tipe yang sama persis dengan yang dipakai gitaris The Beatles George Harrison. Dia juga membeli action figure (boneka miniatur) The Beatles dan Queen.

Roi juga mendapat beberapa piringan hitam (vinil) album The Beatles serta sejumlah album musisi rock lawas lainnya. ”Tidak sadar, lima koper saya penuh,” ungkap Roi, lantas tertawa.

Konsekuensinya, dia juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Total sekitar Rp 100 juta. ”Untungnya istri dan anak-anak memaklumi. Mereka tahu saya senang The Beatles dan hobi mengumpulkan aksesorinya,” ujar pria kelahiran Surabaya, 9 Agustus 1961, itu.

Roi mengakui bahwa hobinya memang mahal. Karena itu, dia perlu meminta restu dari sang istri, Ina Amatul, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. ”Akibatnya, saya memang hampir tidak pernah punya tabungan. Habis untuk beli koleksi,” ujarnya.

Tidak hanya memaklumi, Ina juga memberikan dukungan secara tidak langsung. Profesinya sebagai pramugari Garuda Indonesia kala itu memberi ”jatah” terbang gratis ke luar negeri bagi Roi dua kali dalam setahun. Roi pun memanfaatkan fasilitas itu untuk liburan dan berburu memorabilia musisi legendaris. Di antaranya di AS, Australia, Belanda, Inggris, dan Hongkong.

Di Inggris, tempat utama yang dituju Roi tentu saja Liverpool. Selain ”ziarah” ke kota kelahiran The Beatles, dia mengunjungi toko resmi grup band pelantun lagu Hey Jude tersebut. ”Saya tidak pernah menghitung uang yang sudah saya keluarkan untuk beli koleksi-koleksi ini,” sebutnya sambil menatap ke sekeliling ruangan yang berhias pernak-pernik The Beatles.

Saat ini, koleksinya hampir memenuhi seluruh ruangan di rumahnya. Khusus barang-barang The Beatles berada di ruangan berukuran 8 x 7 meter di lantai 2 bangunan yang terpisah dari rumah utama.

Ruangan yang lain berisi gambar-gambar dan benda-benda musisi serta band terkenal lainnya. Ada gambar dan memorabilia Eric Clapton, Michael Jackson, Jimi Hendrix, James Brown, Aerosmith, Iron Maiden, Kiss, Queen, dan banyak lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan