Wujudkan Citarum Bestari

bandungekspres.co.id, CIMAHI –  Pemkot Cimahi menggelar   sosialisasi dan koordinasi terkait program Citarum Bestari tingkat Kota Cimahi tahun 2016. Kegiatan itu dilaksananakan di Aula Gedung A, Komplek Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Kamis (20/10).

Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, Kota Cimahi sendiri merupakan salah satu kota dari 8 kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang mempengaruhi akan kebersihan sungai Citarum.

”Kita bagian dari Indonesia dan sebagai warga Jawa Barat, memilki tanggung jawab penuh atas harkat martabat bangsa yang peduli akan  lingkungan, khususnya sekitar tempat kita beraktivitas,” ujarnya.

Atty  melanjutkan, Cimahi tidak mau tertinggal untuk bersama membangun kehormatan ini dengan program terintegrasi, sanitasi dengan septic tang komunal, air bersih dan sampahnya.

”Kita harus terus bekerja untuk tanah kita, untuk udara kita, untuk sungai kita agar lingkungan kita makin sejahtera untuk diwariskan bagi anak cucu dan cicit kita,” katanya.

Atty menjelaskan, Kota Cimahi berdasar luas wilayah memang termasuk kota kecil,  namun didasarkan  kependudukan, Cimahi sebagai kota sedang. Artinya, kapasitas kota sudah maksimal, limbah rumah tangga akan besar, dan kawasan industri yang tidak tertata baik menjadikan limbah industri tidak sedikit.

Selain Daya beli yang tidak tinggi, kawasan pemukiman padat membutuhkan penggerak dengan landasan berpikir sosial dan pengabdian pada rakyat. Ini berdasarkan perhitungan manfaat dna bukan hanya berdasarkan pendekatan perhitungan untung dan rugi.

”Kompensasi sosial kami lakukan seperti bank sampah, kelompok pengelola pengguna air yang tiap tahun sumur pompa dalam ditambah, penataan drainase dan perbaikan jalan lingkungan perumahan,” tutupnya. (bun/asp)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan