oleh

Tingkatkan Kapasitas UMKM, Bangun Kawasan Terpadu Pengusaha Lokal

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Persaingan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) semakin berat. Untuk itu, Entrepreneur Muda Bandung (EMB) akan berupaya meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM lokal dengan membangun kawasan usaha terpadu di Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Ketua EMB Lina Meliani mengatakan, pembangunan kawasan terpadu UMKM tersebut untuk memfasilitasi pemasaran produk local, sehingga bisa berdaya saing dengan produk lain.

”Kawasan bisnis terpadu akan dibangun di areal 8000 meter persegi di Lembang Kabupaten Bandung Barat, ditargetkan tahun 2018 bisa beroperasi,” kata Lina Meliani di Jalan Wastukancana, Kota Bandung, belum lama ini.

Menurut Lina, lokasi itu cukup strategis dan untuk meningkatkan kunjungan EMB menggandeng perusahaan agen perjalanan wisata ternama di Kota Bandung sehingga akan menjadi bagian dari progres pasar kawasan terpadu itu.

Selain itu, anggota EMB akan diberi pendampingan usaha yang dijalankan berjalan stabil.

”Ada 18 ribu yang harus kita dampingi, inkubasi, sampai real yang jadi wirausahawan,” kata Lina.

Bentuk pendampingan yang diberikan bertujuan menjadikan pelaku usaha pemula memiliki konsep usaha yang matang dari berbagai aspek. ”Kita temukan passion-nya. Mau ke mana, fashion, kuliner, atau apa,” katanya.

Bahkan, pihaknya pun siap membantu permodalan dengan syarat rencana usahanya matang. Modal yang diberikan bekerjasama dengan sejumlah perbankan. ”Kita kerjasama baik dengan bank BUMN maupun BUMD,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.