KBB Tanggap Darurat Bencana, Abubakar Tinjau Langsung Lokasi Longsor

bandungekspres.co.id, SAGULING – Bupati Bandung Barat Abubakar meninjau langsung lokasi bencana longsor di Kampung Cikarang, RT 2 RW 7, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, kemarin (13/10). Menurut Abubakar, terjadinya longsor di Saguling ini menjadi dasar untuk menetapkan status tanggap darurat bencana di Kabupaten Bandung Barat. ”Saya tahu terjadinya longsor ini dari media, sehingga saya langsung turun ke lapangan,” tegas Abubakar kepada wartawan di Saguling, kemarin.

Diungkapkan Abubakar, penetapan status tersebut berdasarkan pertimbangan prediksi cuaca yang dinilai cukup ekstrim. Selain itu, status tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil rapat antara Sekretaris Daerah (Sekda) dengan Ketua Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB. Untuk waktu status itu yakni selama dua minggu terhitung dari tanggal 13-27 Oktober 2016.

”Prediksi cuaca saat ini memang curah hujan cukup tinggi,” terangnya. Untuk itu, Abubakar meminta kepada aparat ke wilayahan mulai dari RT, RW, kades dan camat agar bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana. Termasuk warga yang tinggal di titik rawan longsor agar lebih waspada.

”Ketika turun hujan besar warga diminta lebih hati-hati. Karena fenomena bencana di KBB itu yakni longsor dan angin puting beliung,” jelasnya.

Disinggung penanggulangan bencana di Kampung Cikarang Desa Saguling tersebut, Abubakar menjelaskan bahwa penanganan khusus di kampung itu tidak seperti cara biasanya. Mulai dari bantuan logistik hingga pembuatan lokasi pengungsian lengkap dengan posko kesehatan dan dapur umum sudah disiapkan. Selain itu, dianggaran pada perubahan tahun ini dengan anggaran Rp 3,9 miliar untuk membantu para korban yang mengalami bencana. ”Itu anggaran dari dana tidak terduga yang akan disalurkan juga bagi korban di Saguling ini,” ujarnya.

Abubakar menambahkan, bagi korban yang mengalami luka di Saguling ini, sudah mendapatkan perawatan di RSHS. Biaya ditanggung oleh pemerintah daerah. Seperti diketahui, hujan yang terus mengguyur Kabupaten Bandung Barat mengakibatkan bencana longsor dimana-mana seperti di Kecamatan Saguling. Pertama bencana longsor terjadi di Kampung Cijambe RT 01 RW 10 Desa Cikande Kecamatan Saguling.

Bencana longsor terjadi pada hari Senin (10/10) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Tanah dari tebing longsor dan menghalangi jalan sepanjang 25 meter. Warga beserta bhabinkamtibmas Desa Cikande membersihkan jalan dengan perlengkapan seadanya. Kedua longsor terjadi di Kampung Ciiwur RT 02 RW 10 Desa Cikande Kecamatan Saguling pada Senin (10/10) sekitar pukul 21.00 WIB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan