ISC Digelar Besok Bumi Perkemahan Kiara Payung Siap untuk Digunakan

bandungekspres.co.id, SUMEDANG – Menjelang pelaksanaan Indonesia Scout Challenge (ISC) 2015-2016 bersama Antangin Junior Regional Championship Provinsi Jawa Barat, Kwartir Daerah Pramuka Jabar terus melakukan pembenahan lokasi bumi perkemahan. Rencananya, ISC 2015-2016 bersama Antangin Junior Regional Championship Provinsi Jabar akan digelar di Bumi Perkemahan Kiara Payung besok (15/10).

logo-iscWakil Ketua Bidang Binamuda Kwarda Pramuka Jabar, Darojat Ali mengatakan, guna mensukseskan pelaksanaan ISC tingkat provinsi, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Menurutnya, sesuai kesepakatan Kwarda Jabar dengan penyelenggara, Jawa Pos (Jabar Ekspres Group), telah melakukan persiapan pembina beserta anggota dewan kerja yang akan dilibatkan dalam kepanitiaan dan dewan juri.

”Salah satunya, kami melakukan kegiatan TOT yang kepada beberapa orang yang ditunjuk sebagai juri dan panitia. Sehingga pada saat kegiatan dapat sesuai dengan yang diharapkan,” kata Darojat kepada Jabar Ekspresdi Bumi Perkemahan Kiara Payung, Kabupaten Sumedang, kemarin (13/10) siang .

Darojat Ali Wakil Ketua Binamuda Kwarda Jabar
Darojat Ali

Wakil Ketua Binamuda Kwarda Jabar

Darojat memaparkan, secara khusus, Binamuda menyupport Kwarcab-Kwarcab untuk ikut serta sebagai bagian dari pembinaan bagi peserta didik, khususnya penggalang yang rata-rata berusia sekolah yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Selain itu, kata Darojat, Binamuda juga mengembangkan kecakapan dan pengetahuan mereka melalui game-game yang disuguhkan.

”Kami sangat memperhatikan aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotorik mereka,” jelas Darojat.

Darojat berharap, prinsip dan metodik kepramukaan setidaknya menjadi andalan dan pembina yang mendampingi kegiatan tersebut dapat menjadi fasilititator atau pendampingan terhadap kegiatan ini.

Selain itu, persiapan yang dilakukan dari aspek teknis panitia sudah menyiapkan segala sesuatunya. ”Persiapan yang kami lakukan seperti kebutuhan penyelenggaraan. Antara lain tempat, sarana dan SDM,” tegas Darojat.

Lebih lanjut Darojat menjelaskan, untuk lokasi Bumi Perkemahan yang akan digunakan untuk pelaksanaan secara teknis juga sudah disiapkan, dan tinggal pakai. Karena lokasi dimaksud sudah sering digunakan untuk kegiatan Pramuka.

”Lokasi Buper sudah siap untuk menampung semua peserta. dan siap untuk digunakan pelaksanaan ISC,” pungkasnya. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan