Belanda 0 vs Prancis 1: Kualitas Prancis Lebih Bagus

bandungekspres.co.id, AMSTERDAM – Belanda menderita kekalahan dari Prancis, pada laga lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Selasa (11/10) dini hari WIB. Gol tendangan jarak jauh dari Paul Pogba pada menit ke-30, menghapus catatan manis tuan rumah saat berlaga di depan pendukung sendiri.

Bagi Belanda, kekalahan tersebut menjadi yang pertama sejak 16 tahun silam pada ajang pertandingan kualifikasi piala dunia. Kali terakhir takluk di rumah sendiri terjadi saat menjamu Portugal di Stadion Feijenoord, Kamis (12/10), dengan skor 0-2.

Pertandingan terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2002. Dua gol Portugal lahir melalui Rui Costa pada menit ke-11 dan Pedro Pauleta, semenit jelang babak pertama selesai.

Hasil tersebut cukup mengejutkan, karena Belanda memiliki armada yang terbilang komplet. Di sana ada kiper Edwin van der Sar serta kuartet lini belakang yang diisi Michael Reiziger, Bouma, Melchiot dan Frank de Boer.

Lini tengah terdiri dari Cocu, Mark van Bommel, Clarence Seedorf, Edgar Davids dan Marc Overmars. Mereka mendukung pergerakan bomber Patrick Kluivert. Sayang, kekuatan pasukan Louis van Gaal tersebut tak sanggup mengadang laju Portugal.

Selain Pauleta dan Costa, tim tamu masih diperkuat bek Fernando Couto, Jorge Costa, Luis Figo sampai pemain sayap, Sérgio Conceicao. Pengulangan sejarah buruk tersebut bersamaan dengan beberapa catatan negatif lain.

Belanda tercatat gagal mencetak gol untuk kali pertama pada 12 laga terakhir. Tembakan bomber Vincent Janssen pada menit ke-41, menjadi sepakan pertama kubu Belanda sepanjang pertandingan.

Kiper Belanda, Maaren Stekelenburg juga terus menuai catatan tak bagus. Gol Paul Pogba menjadikan dirinya hanya sekali mencatat clean sheet dalam 10 partai terakhir bersama tim Oranye, dengan kebobolan 14 gol.

Atas kekalahan itu, Kapten timnas Belanda, Kevin Strootman mengaku tim tamu bermain lebih teratur, sehingga membuat pergerakan rekan-rekannya terbatas. Skuat asuhan Danny Blind kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Laurent Koscielny dkk.

Menurut data statistik UEFA, tim tamu justru memiliki peluang lebih banyak ketimbang Tim Oranye. Prancis membuat 14 kali percobaan dengan 4 diantaranya mengarah ke gawang, berbanding Belanda hanya 3 dari 9 peluang yang mengancam gawang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan