Tegaskan Cimahi Sebagai Kota Agamis

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Cimahi semakin menguatkan identitasnya sebagai kota religious. Kesan itulah yang nampak pada peringatan 1 Muharram 1438 Hijriyah tingkat Kota Cimahi yang dipusatkan di Plasa Rakyat, Jalan Rd Demang Hardjukusumah, Minggu (2/10) lalu.

Peringatan Acara 1 Muharram ini diisi oleh kegiatan jalan sehat, pemeriksaan kesehatan gratis, jalan sehat, arak-arakan basar dan kuliner serta hiburan panggun dengan bintan tamu Hedi Yunus, The Chancungter, dan tausyiah Ustad zen.

Walikota Cimahi Atty Suharti mengatakan kegiatan yang dirangkaian dengan peringatan tahun baru hijriyah 1438 H ini menjadi wahana yang konstruktif sebagai wujud syiar Islam yang bernuansa teduh dalam rangka mempertebal keyakinan dan keimanan umat muslim yang ada di Kota Cimahi, sekaligus memperkuat kohesi sosial antara sesama warga Kota Cimahi yang begitu majemuk sebagaimana halnya kondisi Indonesia secara keseluruhan.

”Ini merupakan ungkapan kita bersama bahwa Cimahi ini sebagai kota yang agamis. Mensyukuri bahwa Cimahi bisa menjaga kondusifitas karena kita kota agamis,” katanya.

Dikatakan Atty, peringatan hari besar Islam ini merupakan evaluasi bagi individu atau kelompok yang ada di Kota Cimahi agar kedepannya lebih baik lagi. Masa lalu merupakan sebuah pembelajaran. Sebab, tantangan ke depan akan lebih lagi, khususnya dama menjaga keharmonisan dan kekondusifan kota.

Atty pun menuturkan eksistensi ummat Islam dihadapkan pada dinamika modernitas dengan segala kebaikan dan keburukannya yang menuntut kejernihan berpikir yang mumpuni di dalam menangkap semangat zaman yang sedang dihadapi.

Dengan demikian, kedudukan lembaga yang bergerak dalam nuansa yang religius semacam yayasan asih putera sesungguhnya memegang posisi yang amat strategis demi menekankan akhlak yang baik dan luhur kepada segenap calon generasi muda Kota Cimahi agar tidak mudah terbawa arus suasana politik praktis yang terkadang sempit dan tidak memikirkan kepentingan bangsa yang lebih besar.

”Komitmen sebagai kota agamis kita jaga agar tidak ada pengaruh yang bisa membuat Cimahi ini menjadi tidak harmonis,” tambah Atty.

Dengan kebersamaan yang sudah dibuat, diharapkan suasana tersebut tetap terjaga kedepannya. Pasalnya, kata Atty, dengan kebersamaan, makakan semakin mudah dalam membangun dan memelihara Kota Cimahi. (hms/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan