Rumput GBLA Segera Diperbaiki, PB PON Kucurkan Anggaran Rp 400 Juta

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Adanya kerusakan rumput Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) diakui oleh Kabid Upacara PON Nunung Sobari. Hal ini terjadi karena kondisi lapangan yang ditutup oleh lapisan kayu yang berpori dengan tujuan agar tidak rusak terinjak.

Menurutnya, penutupan ini dilakukan untuk menghindari kerusakan secara permanen pada rumput yang bisa berakibat penggantian secara keseluruhan. Sedangkan kerusakan yang terjadi sekarang memiliki sifat sementara dan hanya membutuhkan recovery.

”Ini hanya kekurangan nutrisi yang menyebabkan kuningnya lapisan atas rumput dan bisa dikembalikan seperti semula,” jelas Nunung ketika dihubungi Bandung Ekspres kemarin (3/10).

Dirinya menuturkan, untuk langkah perbaikan, pihaknya akan melakukan delapan tahap. Di antaranya pemeriksaan daun, akar serta proses penyiangan. Di proses ini para pekerja tim rumput akan menyisir dan memisahkan rumput yang mati.

”Hal ini dilakukan untuk mempermudah dan menyiapkan tunas-tunas baru yang akan tumbuh,” katanya. Kedua, pekerja akan melakukan pemampatan dan pemberian nutrisi di mana akan diisi oleh campuran nutrisi tanah. Hal ini menurutnya akan merangsang pemberian nutrisi dan percepatan pertumbuhan tunas baru.

Selain itu, penyesuaian tingkat keasaman (PH) tanah juga dilakukan dengan metode rekayasa PH agar rumput jenis zoya mer yang akan ditanam di GBLA mendapatkan medium yang ideal dan dapat dilaksanakan.

”Pemberian mikroba dan materi organik, proses oksidasi pada rumput baru, penyemaian rumput baru dan terakhir perawatan rumput baru juga diberikan,” katanya.

Nunung memastikan dalam proses ideal ini akan menjadikan rumput GBLA kembali sehat seperti sedia kala dalam waktu tidak terlalu lama.

Sementara itu, Ketua Harian PB PON Iwa Karniwa memastikan, perbaikan rumput Stadion GBLA sudah diperintahkan untuk dilaksanakan dengan segera. Bahkan pihaknya sudah mempersiapkan anggarannya.

Dirnya menyebutkan, untuk anggarannya sudah ada Rp 400 juta. Hal ini juga berdasarkan perhitungan tim ahli tanaman untuk rumput GBLA.

Dia berkomitmen serius untuk mengembalikan fungsi rumput seperti sediakala agar ke depan stadion kebanggan Jabar ini bisa secepatnya difungsikan kembali.

”Anggarannya sudah siap dan kita akan segera cairkan dan saya meminta aga masyarakat bersabar. Bahkan saya akan memantau langsung nanti,” pungkas dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan