Ki Dalang Dede Candra Nur Sunarya Ikut Sumbang Garut

bandungekspres.co.id, KATAPANG – Penggalangan dana dengan tema Pray for Garut nyaris dilakukan dimana-mana. Tak terkecuali di Sentra Bisnis Warung Lobak (Warlob), Desa Gandasari, Kecamatan Katapang. Kepedulian ditunjukan oleh dalang wayang golek Dede Candra Nur Sunarya, dinasti Giri harja generasi ke-3 kemarin (27/9).

Dalam kesempatan itu, pemetasan dikolaborasikan dengan penampilan teaterikal Gugum Gumilar, alumnus ISBI Bandung (dulu STSI). Masyarakat Desa Gandasari dan sekitarnya pun ikut terpukau menyaksikan duet seniman ini.

Biro Soreang Ekspres (Jabar Ekspres Group) dan Ki Dalang Dede Candra Nur Sunarya Putu Giri Harja 2 ikut dalam aksi kepedulian sosial ini. Mereka menggelar pementasan yang dikolaborasikan dengan pemain keyboard Acep Al Ghifari.

Bahkan, teatrikal binaan Gugum Gumilar menjadi daya tarik tersendiri sore hari kemarin. Karyawan BPN Kabupaten Bandung ini mengaku, siap melaksanakan penggalangan dana bersama-sama dengan pergelaran wayang golek.

”Kalau untuk membantu meringankan para korban bencana alam banjir dan longsor ini, saya siap. Apalagi saya juga orang Garut. Sudah pasti merasa terpanggil untuk membantunya,” aku Gugum.

Tak hanya itu, kata dia, pemuda-pemudi anggota Karang Taruna Satria Muda Soreang Indah dibina untuk ikut serta dalam pementasan teatrikalnya. Sementara yang lainnya, yakni panitia penggalangan dana melakukannya dengan mengencleng meraka yang ikut nonton pementasan.

”Kami  bangga dengan apa yang dilakukan ki dalang yang mau turun ke jalan menggalang dana. Salut buat putu Giri Harja 2,” ujang H. Ajay, manejemen SBW kemarin.

Menurut dia, upaya dan jerih payah mereka itu harus dihargai. ”Karena karyanya itu sangat mahal. Jika warga sengaja mengundang ki dalang untuk manggung dalam sebuah hajatan, entah berapa harus dikeluarakan. Makanya, mari kita ulurkan tangan untuk membantu korban yang ada di Kabupaten Garut,” tambah Ajay.

Ki Dalang Dede Candra Nur Sunarya mengatakan, siap membantu dengan melakukan pergelaran selama dia mampu. Apalagi panitia yang notabene dari surat kabar, siap utnuk melaksanakan apa yang diminta pihak panitia. ”Pokoknya saya mau melaksanakan ini karena ini demi kebaikan. Dan kebaikan adalah bekal kita nanti di akhirat,” ujarnya Ki Dalang singkat. (gun/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan