Dukung Total Pelaksanaan PON XIX/2016 Jabar

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 kemarin (15/9) tiba di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Bupati KBB,  Abubakar bersama Ketua Umum Koni Kabupaten Bandung Barat, Elin Suharliah Abubakar pun langsung menyambut kedatangan Kirab Api PON tersebut di Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat, Kecamatan Ngamprah.

Sebelumnya, Kirab Api PON diarak dari Cianjur melewati Kabupaten Bandung Barat dengan pengawalan ketat mobil kepolisian dan pasukan berkuda dari Pusdik Kavaleri Berkuda. Penyambutan Api PON ini pun berlangsung meriah dengan sambutan tarian merak khas Jawa Barat yang dilakukan beberapa perempuan Sunda cantik dengan menggunakan pakaian dominasi warna hijau.

Dalam acara ini, hadir  pula Kapolres Cimahi Ade Ary Syam Indradi dan pasukan TNI/Polri, sejumlah SKPD serta Mojang Jajaka KBB. Usai upacara Bupati Bandung Barat, Abu Bakar melepas Api PON kepada pesepakbola legendaris asal Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Roby Darwis.

Dalam sambutannya, Abubakar menyatakan, pemerintah Kabupaten Bandung Barat mendukung sepenuhnya atas target Jawa Barat Kahiji untuk menjadi juara pada PON kali ini. Kedatangan Api PON ke Kabupaten Bandung Barat juga memberikan tanda kepada masyarakat untuk menyemarakan pelaksanaan PON diwilayahnya. ”Mari bersama-sama dengan masyarakat menyukseskan serta menyemarakan PON ini,” kata Abubakar kepada wartawan.

Abubakar yakin, keramaian yang ditimbulkan dari penyelenggaraan PON di KBB ini akan membuat perekonomian di daerah yang baru berusia sembilan tahun itu berkembang. ”Khususnya pada UMKM agar produk-produk bisa dikenal di tingkat nasional,” kata dia.

Ditanya memilih Roby Darwis menyambut Api PON, diungkapkan Abubakar lantaran sosok Roby Darwis merupakan legendaris sepak bola Jawa Barat dari Lembang. ”Sebelumnya kita inventarisir tokoh olahraga legendaris yang akan menerima Api PON ini, dan memang Roby Darwis salah satu putra daerah yang menerima Api PON ini,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan PON XIX Jawa Barat kali ini, ada enam cabor yang dilaksanakan di KBB yakni, ski air, panjang tebing, sepeda downhill, gantole, berkuda, dan sepeda jalan raya. Terkait lokasi pertandingan cabang olahraga (cabor) venue ski air pada PON XIX Jawa Barat, Abubakar mengatakan lokasinya dipastikan akan tetap berada di tempat awal dan tidak ada penggeseran lokasi pertandingan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan