Bank Swasta Bisa Kelola Dana Pemerintah

bandungekspres.co.id, REGOL – Bank Mandiri Syariah (BSM) menawarkan BSM Cash Management sebagai solusi pengelolaan dana Pemkot Bandung. Hal ini dilakkan untuk mendukung dan memudahkan transaksi keuangan khususnya di lingkungan pemerintahan Kota Bandung.

Pihak BSM menilai adanya peluang pada sektor tertentu yang memungkinkan bank swasta bekerjasama. Termasuk berkontribusi dengan syarat-syarat yang telah ditentukan menurut aturan pemerintahan.

Merespon hal tersebut, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyambut baik tawaran tersebut dan akan mengkaji program yang ditawarkan itu.

”Intinya kami menyambut baik apa yang ditawarkan. Apalagi itu menyangkut kemudahan layanan bertransaksi. Kalau untuk kemudahan layanan kenapa tidak, kita akan kaji terlebih dahulu,” tukas pria yang akrab disapa Emil ini, di Pendopo Kota Bandung, belum lama ini.

Menurut Emil, ada beberapa peluang yang memungkinkan untuk dikerjasamakan terkait pengelolaan dana di lingkungan Pemkot Bandung.

Kendati demikian, sahut Emil dengan masih ada aturan yang mengikat, terkait pengelolaan uang pemerintah daerah, harus dicarikan payung hukumnya. ”Tetapi, yang mungkin beri peluang ada di sektor lain seperti BULD, BUMD, termasuk di dalamnya seperti Rumah Sakit Daerah dan Perusahaan Daerah,” ungkapnya.

”Sektor tersebut dinilainya dapat menjadi peluang bank swasta untuk bekerjasama dan berkontribusi dalam hal pengelolaan dana,” sambungnya.

Selain itu, Emil mengingatkan Bank Swasta agar dapat bersinergi dengan pemerintah melalui program-program yang telah digagas sebelumnya oleh bank milik pemerintah daerah seperti program Kredit Melati.

Untuk itu, seru Emil, pihaknya mengajak bank swasta berkolaborasi. Pemkot Bandung, miliki program bagus seperti Kredit Melati dan Gampil yang membantu para UMKM. ”Melalui bank daerah saja bisa, swasta juga pasti bisa,” imbuh Emil. Sementara itu, hadir dalam pertemuan Kepala Kanwil Regional IV Jawa I BSM Sugeng Haryadi. (edy/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan