Pacu Semangat Jabar Kahiji

Di sepanjang jalan yang dilewati atlet pembawa api PON, ribuan warga menyambutnya dengan sangat  antusias. Ratusan pelajar bahkan membawa atribut bendera merah putih. Mereka yang sudah menunggu berjam-jam di sepanjang jalan, bersorak ketika para atlet melintas. Bahkan, aparat keamanan harus turun langsung menertibkan warga yang mencoba mendekat dan menghalangi para pembawa obor.

Setibanya di Lapang Parigi, api PON diserahkan kepada Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Namun sebelumnya, atlet pembawa api PON disambut tari khas Pangandaran ronggeng gunung yang ditampilkan puluhan penari.

Api PON XIX dan Peparnas XV itu akan diinapkan semalam di Pendopo Bupati Pangandaran untuk selanjutnya dilepas menuju Tasikmalaya.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, meriahnya penyambutan merupakan bentuk suka cita masyarakat Pangandaran. ”Ini menunjukan jika masyarakat Kabupaten Pangandaran siap menyambit PON XIX dan Peparnas XV,” ungkapnya.

Dikatakannya, antusias masyarakat luar biasa. Bahkan, sejak perbatasan wilayah Pangandaran, ratusan warga sudah berjajar di pinggir jalan. ”Mudah-mudahan menjadi motivasi, Insya Allah akan luar biasa,” tuturnya.

Menurutnya, penyelenggaraan PON XIX di Pangandaran juga sekaligus sebagai promosi wisata. ”Atlet maupun penonton dari berbagai daerah akan datang ke Pangandaran untuk menyaksikan pertandingan, tentu ini kesempatan kita untuk mempromosikan Pangandaran,” urainya.

Terkait venue pertandingan, kata Jeje, sepenuhnya saat ini sudah siap digunakan. ”Fasilitas-fasilitas penunjang sudah selesai dibangun. Begitu juga dengan  fasilitas bagi para atlet yang akan berlaga nanti. Pemerintah daerah juga sudah menyiapkan dua hotel di kawasan wisata Pantai Pangandaran,” ujarnya.

Pembawa Obor Dikawal Tentara

Sementara itu, obor PON direncanakan singgah di Kota Tasikmalaya hari ini. Panita Sub PB PON telah bersiap-siap untuk menyambut kedatangan api abadi tersebut.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disbudparpora Kota Tasikmalaya sekaligus Panitia Sub PB PON Deri Daswara mengatakan obor api PON direncanakan dibawa dari Kabupaten Pangandaran sekitar pukul 08.15 dan sampai di Lanud Wiriadinata Kota Tasikmalaya sekitar pukul 12.15.

”Kemudian obor api tersebut akan dibawa menuju eks setda Kota Tasikmalaya dan upacara serah terima obor dilaksanakan pukul 13. 00,” ungkapnya kepada kemarin (7/9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan