Ajak Masyarakat Jaga Sungai Citarum

bandungekspres.co.id, CIHAMPELAS – Bupati Bandung Barat Abubakar mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Sungai Citarum dari persoalan sampah. Melalui kegiatan Festival Citarum ‘Save Our Citarum’, pemerintah daerah bersama-sama dengan masyarakat melakukan tandatangan ikrar untuk menjaga kebersihan Sungai Citarum.

”Melalui kegiatan ini, saya mengajak gerakan masyarakat untuk menjaga kebersihan Sungai Citarum,” kata Abubakar kepada wartawan usai menghadiri Festival Citarum di Cihampelas, Selasa (6/9).

Tidak dipungkiri, kata Abubakar,ada berbagai sampai di Sungai Citarum. Mulai dari sampah rumah tangga hingga limbah industri.

Dalam kegiatan tersebut, mengajarkan masyarakat untuk memanfaatkan sampah-sampah dan eceng gondok menjadi sesuatu yang berharga. Sampah-sampah yang ada tidak lagi dibuang sembarangan.

Namun dimanfaatkan menjadi nilai berharga atau yang memiliki nilai ekonomi. Bahkan ada juga sampah yang dimanfaatkan untuk pupuk. Lebih jauh, Kabupaten Bandung Barat memiliki Forum Bandung Barat Sehat yang diketuai oleh Elin Suharliah Abubakar.

Forum tersebut juga berupaya untuk menjaga kesehatan melalui menjaga lingkungan seperti untuk Sungai Citarum. ”Kami berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten Bandung Barat sehat,” paparnya.

Saat ini, kata Abubakar, ada 3 lokasi koperasi sampah atau pengelolaan sampah menjadi nilai ekonomi. Lokasinya ada di Kecamatan Ngamprah, Padalarang dan Cihampelas.

”Jadi di 3 lokasi ini merupakan pengelolaan sampah yang memiliki nilai ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Dalam festival tersebut juga diisi dengan pameran makanan sehat dan  tempat membaca buku anak-anak sekolah.  Dirinya berharap masyarakat bisa memahami agar tidak membuang sampah ke Citarum.

”Dalam acara ini juga diisi oleh pelatihan tentang membuang sampah yang baik,” pungkasnya. (drx/nit)

Tinggalkan Balasan