Tekuk Jatim, Tim Putri Bola Tangan Jabar ke Semifinal

bandungekspres.co.id – TIM putri bola tangan Jawa Barat memastikan diri lolos ke babak semifinal setelah menumbangkan Jawa Timur dengan skor telak, 42-10, di pul X pada laga eksebisi PON XIX yang digelar di Lapangan Futsal Progresif, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, kemarin.

Lolosnya Jabar ke semifinal terjadi setelah mereka mengantongi 6 poin hasil dari dua kemenangan tanpa kekalahan. Sebelumnya, mereka berhasil menumbangkan Jawa Tengah dengan skor 36-9. Kemenangan Jabar atas Jatim sudah terlihat sejak babak pertama ketika tim asuhan Irfan Benizar itu unggul jauh, 24-4. Poin-poin itu diperoleh Jabar setelah beberapa kali taktik fast break mereka mampu menjebol gawang Jatim yang dikawal Nida Astarina.

Pada babak kedua, Jatim mencoba mengejar dengan memasukkan gol terlebih dahulu melalui Sheylla Ramadhany menit ke-35. Skor menjadi 24-5 untuk keunggulan Jabar. Kemasukan satu gol, Jabar tersengat untuk menambah keunggulan melalui permainan cantik Lia Apriliani menjadi 30-8.

Andreas Diyantoro, ketua Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) usai membuka laga eksebisi  mengungkapkan, eksibisi handball diikuti 9 provinsi. Eksebisi ini  sebagai awal dipertandingkannya cabor hanball secara resmi di PON Remaja 2017 di Semarang dan PON 2020 di Papua.

”Ini merupakan sejarah baru handball dipertandingkan di PON, sejak kami resmi bergabung dengan KONI dan KOI tahun 2015 lalu. Kedepan kami yakin handball akan terus berkembang di Indonesia,” ujar Andreas  didampingi Wakil Ketua ABTI Amarta Imran.

Ke-9  provinsi sepert, Sumatera Selatan (Sumsel), Kalimantan Utara (Kaltara), Kalimantan Timur (Kaltim),  DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah (Jateng), dan tuan rumah Jawa Barat. Sementara 4 provinsi   batal tampil karena keterbatasan dana diantaranya, Papua, Maluku, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. (bam/JPG/fik)

Tinggalkan Balasan