Flat or Globe?

  • Bumi Datar

Menurut teori flat earth, terbit dan tenggelamnya matahari nggak berdasar lengkungan bumi dan rotasinya. Matahari akan bergerak memutari permukaan bumi secara melingkar. Pada musim panas, orbit matahari bakal mendekat ke kutub utara di pusat bumi sehingga nggak akan ada malam hari di sana. Orbit matahari itu bergeser ke arah lingkaran luar bumi, yaitu kutub selatan dan antartika, terutama saat puncak musim dingin. Dalam sekali orbit itulah, belahan bumi yang nggak dilewati matahari bakal menerima malam hari. Menurut teori tersebut, terbit dan tenggelamnya matahari disebabkan perspektif manusia terhadap cahaya matahari yang dibelokkan saat melewati kita.

Gravitasi

  • Bumi Bulat

Kisah Isaac Newton (1678) yang kejatuhan apel hingga menimbulkan teori gravitasi emang udah terkenal luas. Gravitasi itulah yang mengakibatkan benda-benda di permukaan bumi tetap berada pada posisinya. Gravitasi disebabkan gaya tarik bumi yang membuat suatu benda yang dilempar ke udara akan jatuh lagi ke permukaan bumi. Bukan hanya bumi, matahari juga mempunyai gravitasi sendiri. Gaya tarik matahari itulah yang mengakibatkan planet-planet, termasuk bumi, bergerak melingkari matahari.

  • Bumi Datar

Berbeda dengan teori bumi bulat, teori flat earth nggak mengenal gravitasi, baik pada bumi maupun matahari. Menurut teori tersebut, gravitasi hanyalah sebuah ilusi. Ada dua hal yang mengakibatkan benda-benda di bumi tetap stabil, yaitu elektromagnetik dan berat jenis. Hal itu mengikuti teori elektromagnetik milik Nikola Tesla. Selain benda di bumi dapat selalu berada di permukaan, gaya elektromagnetik mengakibatkan matahari dan bulan tertarik pada bumi. Teori berat jenis digunakan untuk menjelaskan suatu benda dapat tenggelam dan yang lainnya justru mengapung.

Satelit dan Luar Angkasa

  • Bumi Bulat

Di dunia smartphone seperti saat ini, aplikasi navigasi seperti Google Maps tentu bukan sesuatu yang asing. Satelit adalah salah satu yang berperan terhadap jalannya aplikasi tersebut. Dikatakan bahwa satelit mengirimkan data dan gambar yang terlihat dari luar angkasa sehingga dapat ditampilkan pada gadget kita. Keberadaan satelit di luar angkasa berkaitan dengan adanya space program milik NASA. Program yang udah dijalankan beberapa kali itu bertujuan meneliti kehidupan luar angkasa dengan mengirim astronot dan researcher.

Tinggalkan Balasan