Jabar Kahiji, Berjaya di Tanah Legenda

Sebanyak 24 atlet legendaris olahraga akan hadir dan menjadi tamu kehormatan mewakili para legenda olahraga lainnya di seluruh  Indonesia. Lima di antaranya berpartisipasi dalam sosialisasi melalui iklan layanan masyarakat (ILM) PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 Jabar yakni atlet legendaris Susi Susanti (bulutangkis), Robby Darwis (sepak bola), Ade Ray (binaraga), Chris John (tinju) dan mantan ratu tenis Yayuk Basuki (tenis).

Selain itu theme song ”Berjaya di Tanah Legenda” juga dihadirkan oleh para legenda. Liriknya ditulis oleh budayawan legendaris Jabar Eddy D Iskandar. Aransemennya digarap musisi legendaris asal Jabar Dwiki Dharmawan serta dinyanyikan oleh penyanyi asal Jabar yang juga termasuk legenda bidangnya, Armand Maulana.

Theme song PON XIX/2016 Jabar dan Peparnas XV/2016 Jabar  berjudul ”Berjaya di Tanah Legenda” itu diluncurkan dengan aransemen khas dan energik, membangun semangat untuk berjaya di PON XIX/2016 dan ”Berjaya di Tanah Legenda”.

Liriknya antara lain ”Ayo pacu semangatmu. Ayo yakinkan tekadmu, jadilah nomor satu. Yo ayo yo, jadilah juara. Yo ayo yo, jadilah legenda. Dikenang sepanjang masa. Berjaya di Tanah Legenda. Yo ayo yo, Berjaya di Tanah Legenda”.

Penulis lirik, Eddy D Iskandar mengatakan, liriknya tertuang dari ide dan gagasan kemeriahan dan kebesaran PON XIX/2016 dan Peparnas XIX/2016 untuk menggugah semangat dan mengingatkan kehadiran para legenda di Jawa Barat. Materinya digali untuk bisa memunculkan spirit bagi seluruh bangsa Indonesia, mengukir prestasi dan menggapai kebangaan yang pernah diraih oleh para legenda olahraga, memacu spirit bertanding atlet terbaik untuk berjaya di perhelatan PON XIX/2016 di ”Tanah Legenda”  dan juga melahirkan legenda-legenda baru olahraga.

PON XIX/2016 Jabar memiliki logo senjata kujang yang merupakan senjata khas dan legendaris di Jawa Barat. Kemudian maskot sepasang Surili dengan nama ”Lili dan Lala”. Surili merupakan primata khas di Jawa Barat yang saat ini populasinya mulai terancam.

Di sisi lain, PON XIX/2016 akan menghadirkan sebuah perhelatan megah dan spektakuler. Menjadi PON terbesar sepanjang sejarah penyelenggaraan pesta olahraga itu. PON XIX/2016 Jabar akan mempertandingkan 44 cabang olahraga yang akan mempertandingkan 754 nomor pertandingan, digelar di 68 venue atau tempat pertandingan, memperebutkan 2.472 medali, digelar di 16 kabupaten/kota di Jabar, 9300-an atlet, 4355 official, 2649 wasit, 195 dewan hakim, 1224 liaison officer, 2556 panitia pelaksana dan 2452 petugas lapangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan