Jabar Kahiji, Berjaya di Tanah Legenda

Banyak pula sejumlah tokoh legendaris yang lahir di Jabar. Bahkan pada masa kekinian, Jabar juga melahirkan legenda-legenda di bidang masing-masing, termasuk pada cabang olahraga.

Kembalinya perhelatan olahraga empat tahunan itu ke Tanah Jawa Barat pada PON XIX/2016, setelah 51 tahun menunggu kesempatan itu, Jabar akan menempatkan para legenda para posisi yang paling tinggi pada ajang itu.

Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan sebagai Ketua Umum PB PON XIX/2016 Jabar serta Wakil Gubernur Jabar H Deddy Mizwar Sebagai wakilnya merupakan ”Dwi Tunggal” yang menjadi sutradara dan penyusun skenario ”Tribute to Legend” serta momen kebangkitan olahraga nasional sekaligus mengukir prestasi di ajang internasional.

Gubernur Heryawan menyatakan, PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 harus menjadi momentum kebangkitan olahraga nasional, pemecahan rekor baru baik rekor nasional, SEA Games, Asian Games, olimpiade maupun rekor dunia.

Penghormatan atau tribute kepada para legenda akan dituangkan pada upacara pembukaan dan penutupan PON XIX/2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, 17 September 2016) yang akan dihadiri para legenda olahraga yang akan ditempatkan pada podium kehormatan. Selain itu PON 2016 juga akan menjadi panggung para legenda baik di bidang olahraga, seni maupun tokoh nasional yang akan hadir menjadi bagian dari perhelatan olahraga empat tahunan itu.

Tema besar ”Berjaya di Tanah Legenda” tak hanya penghormatan bagi legenda, tapi mereka yang dihadirkan dan menjadi bagian dari perhelatan itu adalah  para legenda di bidang masing-masing untuk PON XIX/2016.

Konsep legenda akan melekat pada upacara pembukaan PON XIX/2016 dengan menghadirkan semua legenda nasional khususnya di bidang olahraga dan menjadi bagian dari sejarah PON XIX/2016. Selain legenda olahraga yang telah berkiprah di masa lalu, seluruh kegiatan juga akan melibatkan para legenda, music director yang akan dilibatkan, koreografer legendaris serta lainnya.

Selain menampilkan para legend, temanya juga menyangkut kultur dan ‘Tanah Legenda’ nantinya tergambar seperti apa Jawa Barat, alamnya, seninya, potensinya dan juga budayanya. Gambaran tanah legenda akan ditampilkan dalam videografi dan koreografi pentas yang ditangani oleh Tim Sebilan Bidang Upacara PB PON XIX/2016 Jabar dengan judul besar ”Berjaya di Tanah Legenda” dengan nuansa gunung, rimba, laut, pantai dan sungai atau ”Gurilaps”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan