KIM Kelurahan Mekarjaya Raih Penghargaan Kemkominfo

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung dipilih untuk mewakili Kota Bandung meraih penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo). KIM Kelurahan Mekarjaya, diangap kelompok pemberi informasi teraktif dari 151 Kelurahan di Kota Bandung.

Dikdik Sadaka, Kasubdit Media Luar Ruang dan Audiovisual Direktorat Jendral (Ditjen) Informasi Komunikasi Publik Menkominfo mengatakan, pemilihan KIM Kelurahan Mekarjaya ini berdasarkan petunjuk dari Diskominfo Kota Bandung. ”Berdasarkan petunjuk Diskominfo, KIM Kelurahan Mekarjaya ini yang terbaik, yang diunggulkan Pemkot Bandung dan layak untuk ditinjau dan dinilai oleh Kemkominfo,” ujar Dikdik kepada saat kegiatan penilaian di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari di Jalan H. Sanusi, Kota Bandung, belum lama ini.

Dikdik mengatakan, KIM Kelurahan Mekarjaya ini nantinya akan dinilai oleh tim dari Kemkominfo. Penilaian sendiri, terdiri dari proses pengambilan informasi, pengolahan informasi, dan penyebaran informasi kepada masyarakat.

”Selain itu, dampak dari penyebaran informasi ini seperti apa terhadap warganya. Proses penilaiannya cukup panjang,” katanya.

Dikdik mengatakan, jika dalam penilaian tersebut hasilnya baik, KIM di Kelurahan Mekarjaya akan diberi apresiasi dan dinyatakan sebagai KIM terbaik se-Indonesia. Menurut Dikdik, hal ini semata-mata untuk mendorong KIM-KIM lain yang berada di setiap desa/kelurahan di setiap wilayahnya untuk bisa lebih baik dan aktif lagi menyebarkan informasi positif kepada masyarakat.

”Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan dibawa ke tingkat nasional bahkan internasional. Seperti sebelumnya dari Bandung ada KIM Kelurahan Sukabungah. Jadi nanti kalau ada kelompok seperti KIM dari luar negeri diarahkan ke KIM terbaik di Indonesia,” katanya.

Dikdik menuturkan, program KIM ini sudah berjalan sejak lama. KIM ini diisi oleh warga-warga di setiap desa/kelurahan di seluruh wilayah di Indonesia. Tugasnya, memberikan informasi mengenai program pemerintah daerah setempat maupun kebijakan pemerintah setempat.

”Lebih khususnya, bagaimana KIM mampu memberikan informasi yang sehat, mencerdasakan, inspiratif, dan kreatif sehingga dampaknya positif. Karena untuk kondisi sekarang, KIM ini jembatan pemerintah dan masyarakat dalam hal penyebaran informasi,” katanya.

Tinggalkan Balasan