Rancang Kota Ramah Sepeda

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung saat ini telah merancang program lain untuk mendukung Bandung menuju kota sepeda.

Kepala Dishub Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, program-program tersebut salah satunya adalah memperbanyak lajur sepeda di jalan-jalan strategis. Itu menjadi bagian dari mempromosikan sepeda melalui publikasi banner kampanye publik bersepeda. ”Termasuk pembuatan intermoda sepeda dengan pembuatan rak khusus di bus kota dan kereta api rute Jakarta-Bandung,” kata dia.

Di sisi lain, Dishub juga akan mempromosikan penggunaan sepeda untuk transportasi jarak dekat. ”Hal ini akan didukung dengan pemasangan infrastruktur rak sepeda di beberapa titik trotoar,” ujarnya.

Strategi lainnya adalah penggunaan sepeda sebagai moda feeder dan subfeeder station. Upaya ini dirancang dengan pembuatan rak sepeda di halte-halte dan shelter angkutan umum serta meresmikan Bandung Bike Sharing.

Peresmian program ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Segenap jajaran Dishub akan segera mematangkan dan mengeksekusi konsep ini agar bisa mempercepat pengurangan kemacetan di Kota Bandung. (bbs/rie)

Tinggalkan Balasan